Pilgub Jatim

KPU Jatim Bersihkan Alat Peraga Kampanye di Masa Tenang Sejak Dini Hari

KPU membereskan dua spanduk. Berikutnya, mereka menuju kawasan Jalan Indrapura. Di titik ini, ada dua baliho besar.

KPU Jatim Bersihkan Alat Peraga Kampanye di Masa Tenang Sejak Dini Hari
bobby constantine koloway
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur memulai penertiban alat peraga kampanye (APK) untuk Pilkada serentak sejak Minggu (24/6/2018) dini hari. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur memulai penertiban alat peraga kampanye (APK) untuk Pilkada serentak sejak Minggu (24/6/2018) dini hari. Untuk kawasan Surabaya, proses penertiban dimulai pukul 00.00 dini hari dari kawasan Tegalsari.

Di tempat ini, KPU membereskan dua spanduk. Berikutnya, mereka menuju kawasan Jalan Indrapura. Di titik ini, ada dua baliho besar.

Proses penertiban ini melibatkan aparat gabungan dari berbagai instansi. Di antaranya, melalui koordinasi antara KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Polres Surabaya dan beberapa jajaran terkait.

Berdasarkan penjelasan komisioner KPU Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro, proses penerbitan ini menjadi tanda tahapan Pilkada yang telah memasuki hari tenang. Untuk diketahui, pada Minggu-Selasa (24-26/6/2018), tahapan pilkada telah memasuki masa tenang.

"Ada 11 titik APK di Surabaya. Harapan kami, dengan adanya penertiban ini, bisa menjadi acuan untuk melakukan langkah serupa di daerah lain," kata Gogot di sela acara penertiban tersebut, Minggu (24/6/2018).

"Kami sengaja tepat melaksanakan pada pukul 00.00 WIB sehingga bisa ditindaklanjuti oleh Panwas maupun KPUD tingkat kabupaten kota di seluruh Jawa Timur," kata Gogot.

Pihaknya mendorong penyelenggara pilkada di masing-masing daerah untuk berkoordinasi dengan Satpol PP, Dinas Perhubungan, Polres, maupun Polsek untuk melakukan penertiban selama masa tenang.

"Dengan begitu, seluruh daerah di Jawa Timur telah bersih dari APK sebelum tanggal 27 Juni atau pada saat pemungutan suara," kata Gogot yang membawahi Divisi SDM dan Parmas KPU Provinsi Jawa Timur.

Untuk diketajui, jumlah APK yang disebar oleh KPU pada masa kampanye (15/2-23/6/2018) bervariasi. Misalnya, untuk baliho di tiap kabupaten kota ada tiga buah untuk tiap paslon.

Kemudian, untuk model spanduk per desa atau kelurahan ada satu buah tiap paslon. Sedangkan untuk umbul-umbul ada enam buah di tiap kecamatan untuk tiap paslon.

Sebelumnya, Ketua KPU RI, Arief Budiman berharap kepada penyelenggara Pemilu maupun pasangan calon dan tim untuk melakukan tindak lanjut di hari tenang.

"Besok (24/6/2018) di hari tenang para petugas pemilu maupun pasangan calon dan tim memiliki tugas masing-masing. Penyelenggara Pemilu selesaikan tugas dan logistik pemilu. Serta, selesaikan tugas sosialisasi kepada masyarakat pemilih," kata Arief di Surabaya, Sabtu (23/6/2018)..

"Kedua, bagi Pasangan calon bersihkan seluruh peraga kampanye. Sekarang sudah memasuki masa tenang tidak ada lagi kegiatan kampanye," tegasnya.

Ia pun berharap masyarakat telah memiliki figur terbaik untuk dipilih di hari H pemungutan suara, 27 Juni 2018 mendatang.

"Renungkan, apa janji yang diterima dan alami selama proses kampanye kemarin. Gunakan sebagai dasar untuk memilih pasangan calon," kata Arief mengakhiri. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved