Sidoarjo

Misteri Ikan-ikan 'Monster' asal Amerika di Sidoarjo dan Mojokerto

Ada sekitar 4-6 ekor ikan serupa yang masih berkeliaran di sana. Satu berhasil ditangkap olehnya menggunakan jaring.

Misteri Ikan-ikan 'Monster' asal Amerika di Sidoarjo dan Mojokerto
m taufik
Noto Diharjo, Kepala Desa Mlirip Rowo, Kecamatan Tarik, Sidoarjo menunjukkan ikan monster asal Amerika yang ditangkap warganya. 

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO - Hingga Senin (25/6/2018) petang, puluhan warga masih berkerumun di sekitar sungai Dusun Pajaran Utara, Desa Mlirip Rowo, Kecamatan Tarik, Sidoarjo.

Sebagian dari mereka sekedar ingin melihat dan sebagian berminat untuk ikut menangkap ikan super besar yang kabarnya masih ada beberapa yang berkeliaran di sekitar sungai tersebut.

Menurut Suparpo (58) warga Dusun Pajaran, dirinya sempat melihat ada sekitar 4-6 ekor ikan serupa yang masih berkeliaran di sana. Satu berhasil ditangkap olehnya menggunakan jaring.

Seekor ikan Arapaima Gigas seukuran orang dewasa yang ditangkap Suparpo, beratnya sekitar 30 kilogram dengan panjang sekitar 1,58 meter.

Pria yang biasa mencari dan menjual ikan tersebut mengaku awalnya penasaran dengan apa yang dilihat oleh warga beberapa warga di Sungai Brantas tersebut.

"Saya penasaran karena banyak orang di pinggir sungai menyebut ada ikan besar. Kemudian saya berusaha menangkapnya menggunakan jaring dan mendapat satu," kata Suparpo.

Dia mengaku melihat adalah sekitar 4 sampai 6 ekor di sungai tersebut. "Saya dapat satu, dan kabarnya di Mojokerto juga ada satu lagi yang tertangkap," akunya.

Saat tertangkap, seekor ikan jenis predator ini masih hidup. Kemudian ditaruh di sebuah bak air agar bisa tetap bertahan hidup.

Penemuan itupun menarik perhatian banyak warga. Sampai mengakibatkan jalan Mlirip Rowo macet karena banyak warga berbondong-bondong ke sana untuk melihatnya.

Karena mengganggu jalan itulah, ikan dipindahkan ke rumah Kepala Desa Mliriprowo, Noto Diharjo. Namun saat pemindahan itu ikan yang disebut-sebut asli Brazil ini sudah dalam keadaan mati.

Sebagai penangkap ikan, Suparpo senang bisa menangkap ikan ini. Alasannya, jika berkeliaran di sungai, ikan monster tersebut diyakini bakal menghabisi ikan-ikan kecil lain atau ekosistem sungai.

Penulis: M Taufik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help