Mojokerto

Benih Ikan Arapaima asal Amerika Ternyata Banyak Dijual di Surabaya

"Jadi bibit kebanyakan dari luar negeri, ada juga pemilik yang berduit membeli ikan Arapaima melalui situs online," bebernya.

Benih Ikan Arapaima asal Amerika Ternyata Banyak Dijual di Surabaya
istimewa
IKAN ARAPAIMA - Warga Desa Mliriprowo, Kecamatan Tarik, Sidoarjo dihebohkan penangkapan ikan yang besarnya seukuran orang dewasa, Senin (25/6/2018). 

SURYAMALANG.COM, MOJOKERTO - Belum ada satu pun pihak bertanggung jawab terkait ikan Arapaima Gigas yang berkeliaran di aliran sungai Brantas mulai Mojokerto sampai Sidoarjo.

Meski demikian, petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur bersama Balai Karangtina Ikan Perak Surabaya dan instansi terkait terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui motif pelepasan ikan tersebut.

Seorang anggota BBKSDA Jatim menyatakan, pihaknya sudah meminta keterangan pada pemilik ikan Arapaima yang merupakan pengusaha tajir berinisial GH asal Desa Canggu, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto.

Pemilik ikan itu mengaku tidak pernah melepaskan ikan Arapaima ke sungai Brantas. 

Abdul Khalim, Kepala Resort Konservasi Wilayah Mojokerto-Sidoarjo BBKSDA Jatim, membenarkan, pihaknya bersama instansi terkait telah memeriksa seluruh kolam ikan di kediaman (GH) yang disinyalir sebagai tempat memelihara ikan Arapaima

"Selama proses penyelidikan pemilik ikan (GH) kooperatif ketika memberikan keterangan," ujarnya, Minggu (1/7/2018).

Khalim mengatakan, sebelumnya ikan Arapaima ini mudah untuk dijumpai dan beredar luas di Nusantara.

Namun, Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan RI tahun 2014 melarang masuknya ikan jenis Arapaima ke Indonesia.

"Kebanyakan pemilik ikan Arapaima ini adalah orang kaya lantaran harga ikan itu relatif sangat mahal," ungkapnya.

Menurut dia, biasanya pemiliknya membeli bibit ikan Arapaima untuk dipelihara. Pasalnya, harga bibit ikan Arapaima cukup mahal.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help