Sidoarjo

Heboh Penemuan Arca Diduga Peninggalan Kadipaten Terung di Sidoarjo

Benda mirip arca yang tingginya sekitar 60 centimeter itu ditemukan di sebuah gumuk di antara tumpukan daun kering dan kotoran ternak.

Heboh Penemuan Arca Diduga Peninggalan Kadipaten Terung di Sidoarjo
m taufik
JEJAK KADIPATEN TERUNG? - Lokasi penemuan benda mirip arca ini berada di perbatasan tiga desa. Yakni Desa Terung Kulon, Desa Terung Wetan dan Desa Junwangi., Sidoarjo, Jawa Timur. 

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO - Warga Sidoarjo sedang dihebohkan penemuan benda yang diduga arca kuno peninggalan Kadipaten Terung.

Benda itu ditemukan di Daerah Terung, Kecamatan Krian, Sidoarjo. Dan sekarang disimpan di sebuah rumah rumah warga di sekitar situs Kadipaten Terung.

Menurut Muhammad Tri Kisnowo Hadi, pegiat sejarah di Sidoarjo, benda mirip arca tersebut ditemukan sejak hari Jumat (29/6/2018) lalu di area kebun bambu atau barongan di Terung.

"Saat hendak mencari pring pethuk ternyata melihat sebuah batu di sana. Begitu dibalik, bentuknya menyerupai arca," kata Tri Kisnowo Hadi.

Temuan itu kemudian diinformasikan ke sejumlah pihak terkait. Diharapkan, segara ada langkah dari pemerintah terkiat penemuan ini.

"Diharapkan segera ada kejelasan terkait penemuan ini. Kalau memang benar cagar budaya atau peninggalan dari peradaban kuno, tentu akan menambah khasanah kebudayaan bagi generasi bangsa," harapnya.

Lokasi penemuan benda mirip arca ini berada di perbatasan tiga desa. Yakni Desa Terung Kulon, Desa Terung Wetan dan Desa Junwangi. Lokasi itu selama ini jarang dikunjungi oleh warga.

Orang pertama yang menemukan adalah Mochammad Nizar, seorang waega yang tergabung dalam sebuah komunitas pegiat budaya dan sejarah.

Benda mirip arca yang tingginya sekitar 60 centimeter itu ditemukan di sebuah gumuk di antara tumpukan daun kering dan kotoran ternak.

Bersama beberapa rekannya dan tokoh budaya setempat, benda itu kemudian diambil untuk diamankan.

Ketika dibersihkan dari kotoran yang menempel, benda itu terlihat seperti patung dalam keadaan berdiri.

Lengkap dengan atribut seperti patung raja yang ada mahkota, gelang, kalung dan sabuknya. Hanya saja, di bagian wajah terlihat sudah rusak.

Kabar terkait penemuan benda ini juga cepat sekali menyebar di masyarakat. Termasuk foto-fotonya juga begitu cepat menyebar ke berbagai media sosial.

Warga pun dihebohkan dengan berbagai kabar terkiat penemuan benda mirip arca tersebut. Sebagian menduga, benda itu merupakan peninggalan dari Kadipaten Terung di Sidoarjo.

Penulis: M Taufik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved