Home »

Batu

Malang Raya

Yudi Pelaut, Pelukis Asal Kabupaten Malang Gelar Pameran Lukisan di Kota Batu

Pelukis bernama Tri Iswahyudi yang dikenal dengan sebutan Yudi Pelaut itu memilih Kota Batu sebagai wadah untuk mengapresiasi karyanya

Yudi Pelaut, Pelukis Asal Kabupaten Malang Gelar Pameran Lukisan di Kota Batu
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Puluhan lukisan karya Tri Iswahyudi atau Yudi Pelaut dipamerkan di Galeri Raos, Kota Batu, Sabtu (30/6/2018). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Puluhan lukisan karya pelukis asal Kabupaten Malang dipamerkan di Galeri Raos Kota Batu, Senin (2/7/2018).

Pelukis bernama Tri Iswahyudi yang dikenal dengan sebutan Yudi Pelaut itu memilih Kota Batu sebagai wadah untuk mengapresiasi karyanya. Alasannya, Kota Batu dikenal dengan sasaran yang tepat bagi seniman.

Dari puluhan lukisan itu dibagi menjadi 12 tema yang berbeda. Namun secara keseluruhan tema pameran tunggalnya ini ialah 'Mencari Diri'. Yudi mengatakan, setiap filosofi dari lukisan yang ia buat ini menyampaikan tahap pencarian diri.

"Ini masih awal, masih berjudul pencarian diri, siapa sih kita. Jika ada kesempatan, ini akan saya buat seri kedua, yakni 'Menemukan Diri'," kata Yudi.

Lukisan yang ia buat hampir 80 persen menggambarkan tentang laut. Seperti ombak, kapal dengan suasana senja. Bahkan ada lukisan yang hanya menggambarkan gulungan ombak.

Terlepas dari ia yang seorang pelaut dan suka berlayar, Yudi memang menyukai hal-hal yang berada di sekeliling lautan.

"Aliran yang saya pakai realisme. Apa yang ada di benak saya, baik saat berlayar, atau di daratan, terlalu sering melukis saat berada di laut," imbuhnya.

Ia juga pernah mengikuti pameran di Surabaya bersama seniman-seniman lainnya. Yudi mengakui, meskipun dirinya tidak pernah mendapatkan pendidikan secara formal, ia tetap menekuni dunia seni lukis. Sejak saat itu ia mulai bisa memahami dunia melukis.

"Saya sangat terbantu dengan adanya Galeri Raos ini. Yang mampu mewadahi karya seniman," pungkasnya.

Satu pengunjung, Diantoro mengakui jika ia sangat menyukai lukisan itu. "Terasa seperti seorang yang kesepian, dengan kehidupan disekitarnya. Karena saya juga suka laut, menurut saya lukisan ini menggambarkan jiwa seseorang yang memang sedang mencari siapa dia sebenarnya," katanya.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help