Kota Batu

1.000 CCTV Pantau Kota Batu Demi Keamanan dan Layani Wisatawan

Keberadaan CCTV ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Khususnya di wilayah Kota Batu. Tapi yang lebih penting untuk keamanan.

1.000 CCTV Pantau Kota Batu Demi Keamanan dan Layani Wisatawan
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Suasana Alun-Alun Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Sebanyak 1000 Closed Circuit Television (CCTV) akan dipasang di beberap titik di Kota Batu. Namun dari 1000 CCTV itu yang sudah terpasang ada 680 CCTV.

Sebagian CCTV itu terintegrasi sehingga bisa dipantau di Polres Batu, Pemkot Batu dan tempat wisata.

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto mengatakan pemasangan CCTV ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan bagi Kota Batu.

Juga untuk memberikan informasi kepada wisatawan. "Keberadaan CCTV ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Khususnya di wilayah Kota Batu. Tapi yang lebih penting untuk keamanan terhadap wanita dan anak-anak dari tindak kejahatan," kata Budi, Minggu (8/7/2018).

CCTV ini dipantau selama 24 jam penuh oleh pihak Polres Batu. Ada beberapa titik yang dipasang CCTV. Seperti lokasi kepadatan lalu lintas, area umum, tempat wisata, lokasi penginapan, kantor pemerintahan, dan lainnya.

Pemasangan CCTV ini diharapkan bisa membantu mengurangi aksi kejahatan.

"Jika ada tindak kejahatan, kami bisa pantau melalui CCTV ini, terlebih kami juga terintegrasi dengan 20 CCTV milik Pemkot Batu akan dikoneksikan untuk pelayanan publik terpadu Sanika Satyawada Polres Batu," ungkap Buher, sapaannya.

Ia menjelaskan jika semisal area kepadatan ada di titik A, maka pihaknya bisa memberikan informasi itu melalui aplikasi yang juga baru saja dilaunching, yakni Aplikasi Polisi Jelajah Kota Batu (Apel) Batu.

Siapapun bisa memantau titik kepadatan dan daerah yang rawan melalui aplikasi itu setelah diunduh.

Sementara, Kentjana, warga Lampung yang akan menghabiskan masa liburan di Kota Batu, ternyata sudah memiliki aplikasi Apel.

"Kebetulan saya direkomendasikan sama keluarga di sini, kalau mau ke mana-mana mending pakai aplikasi Apel. Karena baru pertama kali ke sini, jadi cari informasi di situ. Ya meskipun masih belum lengkap sih," kata dia.

Dia sangat mengapresiasi adanya aplikasi ini. Bahkan aplikasi ini menurutnya sangat membantu untuk perkembangan sebuah kota ke depan agar lebih baik.

"Ada pengaduannya juga, sehingga kami bisa laporan atau mengadu jika ada kecelakaan, atau memberikan kritikan untuk Kota Batu," imbuhnya. 

Tags
Kota Batu
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved