Malang Raya

Seribuan Anggota Pramuka Mengecat Rumah di Kawasan Muharto, Kota Malang

Keseluruhan ada 1.000 orang anggota Pramuka dari kelompok Penegak se-Malang Raya atau di zona 3 Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur.

Seribuan Anggota Pramuka Mengecat Rumah di Kawasan Muharto, Kota Malang
sri wahyunik
Beberapa remaja dari Dewan Kerja Ranting (DKR) Pramuka Pagak Kabupaten Malang terlihat mengecat jalan bertangga di RT 02 RW 06 kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, Selasa (10/7/2018). Mereka mengecat jalan itu memakai aneka warna, ada hijau, merah, juga kuning. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Beberapa remaja dari Dewan Kerja Ranting (DKR) Pramuka Pagak Kabupaten Malang terlihat mengecat jalan bertangga di RT 02 RW 06 kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, Selasa (10/7/2018). Mereka mengecat jalan itu memakai aneka warna, ada hijau, merah, juga kuning.

Tidak hanya mengecat jalan, beberapa anggota Pramuka lain mengecat rumah warga di RW 06 kelurahan itu, tepatnya di seputaran Jl Muharto Gang 5.

Pramuka yang mengecat rumah, pagar ataupun jalan dan gang tidak hanya berada di RT 02, namun juga di RT 01 dan 03. Semuanya berada di RW 06.

Pramuka yang mengecat juga tidak hanya berasal dari DKR Pagak. Keseluruhan ada 1.000 orang anggota Pramuka dari kelompok Penegak se-Malang Raya atau di zona 3 Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur.

1.000 orang Pramuka itu tumplek blek di RW 06 Kelurahan Kotalama. Mereka berkumpul dalam rangka Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka (FWKKP) 2018 di zona 3. Sebelumnya FWKKP sudah digelar di Zona 5 (Bondowoso) dan Zona 2 (Magetan).

FWKKP di Zona 3 digelar di KOta Malang mulai Senin (9/11/2018) hingga Kamis (12/7/2018). Tahun lalu, FWKKP di Zona 3 digelar di Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Lebakharjo Kecamatan Ampelgading.

"Tahun ini dilakukan di Kota Malang, tepatnya di Muharto Kelurahan Kotalama. Untuk pemilihan tempat ini juga atas rekomendasi Pemkot Malang," ujar Ketua Pelaksana FWKKP Zona 3, Benny Setya Putra kepada Surya, Selasa (10/7/2018).

Bukan tanpa alasan kenapa FWKKP Zona 3 tahun ini ditempatkan di Muharto. Kawasan itu dikenal sebagai kawasan permukiman padat penduduk. Ada persoalan PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) di kawasan itu. Kawasan itu juga selama ini mendapat stigma negatif.

"Kawasan ini dikenal sebagai kawasan padat penduduk, permukiman sangat padat. Juga ada stigma negatif di sini. Kami membantu mengubah itu. Bagaimana mindset warga berubah, hidup bergotong royong, juga berperilaku hidup sehat serta menjaga kebersihan lingkungan," ujar Benny.

Selama empat hari di tempat itu, Pramuka Penegak se-Malang Raya mengecat lingkungan warga, antara lain tembok depan rumah warga, juga jalan atauapun pagar. Pramuka juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk kampanye PHBS, juga menggandeng BPOM terkait kampanye makanan sehat.

Harapannya, kata Benny, kawasan itu bisa menjadi Kampung Kelir Pramuka yang bersih, tertata, dan sehat. Kecantikan kampung itu diharapkan nantinya mampu mengubah wajah kampung. "Sehingga menarik, asyik jadi lokasi berfoto, seperti kesukaan orang-orang saat ini. Kalau bisa juga menarik wisatawan datang, seperti di Kampung Warna-Warni," tegas Benny.

Selama FWKKP, para Pramuka 'berkemah' di rumah warga. Mereka menginap di rumah-rumah warga dan berinteraksi dengan pemilik rumah.

Seperti yang dirasakan oleh 10 orang anggota DKR Pagak itu. Saat Surya mendatangi lokasi FWKKP, Yahya Febriawan dan teman-temannya mengecat jalan yang bertangga. Yahya dan beberapa teman lelakinya menginap di rumah Sumadi.

"Senang ikut acara ini karena bisa membantu warga," kata Yahya. Dia juga memiliki pengalaman bisa berinteraksi dengan anggota Pramuka dari daerah lain di Malang Raya.

Sementara itu, Ny Jumani, istri Sumadi yang rumahnya dipakai oleh salah satu kelompok Pramuka itu mengaku senang dengan kehadiran para remaja itu. "Senang, rumah jadi ramai. Suka guyonan, terus saling bantu," kata Jumani. 

Tags
Pramuka
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help