Malang Raya

SMPN 26 Kota Malang Diuntungkan Oleh Adanya PPDB Jalur Wilayah

SMPN 26 Kota Malang merasa terbantukan dengan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) jalur wilayah lalu.

SMPN 26 Kota Malang Diuntungkan Oleh Adanya PPDB Jalur Wilayah
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
ILUSTRASI 

SURYAMALANG.COM, BLIMBING - SMPN 26 Kota Malang merasa terbantukan dengan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) jalur wilayah lalu. Sebab bisa mengakomodir siswa sekitar sekolah di wilayah Kelurahan Tunjungsekar.

"Alhamdullilah dengan jalur wilayah lalu bisa terjaring semua," kata Pancayani Dinihari, Kepala SMPN 26 Kota Malang kepada SURYAMALANG.COM, Selasa (10/7/2018). Apalagi buat wilayah terus meningkat hingga 60 persen dari semula 40 persen pada tahun lalu.

Meski, untuk zona PSJ (Prasejahtera) sebanyak 30 persen tak terpenuhi atau kurang dari 8 siswa. Pagunya 54 namun hanya menerima 46. Sehingga kemudian sisanya dilimpahkan ke zona umum wilayah. Di PPDB reguler online, kuotanya tinggal 72 siswa. Sebanyak 50 pendaftar memilih SMPN ini sebagai pilihan pertama.

Sampai Selasa siang, nilai akhir (NA) pendaftar sudah 70 an. Sedang pada tahun lalu, NA terendah 76. Tahun ajaran baru mendatang total akan menerima enam rombel. Dari data di ppdb.malangkota.go.id, sisa pagu reguler per sekolah berkisar 50-124 siswa.

Sebanyak 60 persen sudah dipenuhi di jalur wilayah pekan lalu. Burhanudin, Ketua MKKS SMPN Kota Malang menambahkan pendaftar jalur wilayah lalu rekornya masih dipegang SMPN 21 Kota Malang.

"Wilayahnya luas dan banyak penduduknya," kata Burhanudin ketika bertemu di Dindik Kota Malang, Selasa (10/7/2018).

Begitu juga dengan SMPN 5 yang dipimpinnya. Potensi jumlah penduduk seperti di Kelurahan Lowokwaru, Rampal Celaket membuat peminat saat jalur wilayah melimpah. Namun ada juga yang biasa pendaftarnya karena kondisi lokasi sekolahnya berada di kawasan perkantoran.

"Mungkin di PPDB tahun depan harus ada evaluasinya," kata dia.

Seluruh siswa yang diterima di jalur wilayah sudah daftar ulang semua. Di SMPN 26 hanya satu siswa tidak daftar ulang karena pindah kota mengikuti ayahnya.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help