Malang Raya

Pemkot Batu Ajukan Penangguhan untuk Kabid Cipta Karya

Pemkot Batu tetap mengajukan penangguhan untuk kasus yang menimpa Kabid Cipta Karya, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan

Pemkot Batu Ajukan Penangguhan untuk Kabid Cipta Karya
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batu, Edy Murtono. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Pemkot Batu tetap mengajukan penangguhan untuk kasus yang menimpa Kabid Cipta Karya, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Nugroho Widiyanto alias Yeyen.

Hal itu diungkapkan oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batu, Edy Murtono. Edy mengatakan pengajuan penangguhan itu dilakukan karena yang bersangkutan sebagai pejabat Pemkot Batu.

"Kalau masih bisa dilakukan penangguhan ya kami lakukan. Selaku Sekda, penangguhan itu bisa dilakukan karena yang bersangkutan itu masih sebagai pejabat Pemkot Batu," kata Edy, Kamis (12/7/2018).

Untuk soal kewenangan dan keputusan, lanjutnya itu merupakan kewenangan pihak Kejari. Menurutnya tidak ada salahnya jika mengajukan penangguhan.

"Soal diterima atau tidak itu bukan kewenangan kami. Kami berusaha untuk memberikan bantuan hukum," sambungnya.

Ia mengakui jika banyak pejabat Batu yang terkena kasus hukum dikarenakan masalah pengadaan barang. Pihaknya meminta kepada seluruh pejabat Batu agar menaati aturan yang ada.

Pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada seluruh pejabat Batu terkait alur dan prosedur pengadaan barang dan jasa. Agar tak menyalahi aturan.

"Ya itu juga jadi pelajaran buat kami, agar tidak terulang kembali. Saat ini sudah menerapkan lelang terbuka, lalu menggunkan sistem, sehingga dalam pengadaan tidak boleh ada yang menyalahi aturan," imbuhnya.

Sementara itu Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri (Kejari) Batu Farriman Isani Siregar menambahkan saat ini sedang penyusunan berkas penuntutan.

Nugroho ditahan untuk 20 hari kedepan. Tetapi apabila kami belum limpahkan berkas tuntutan ke Pengadilan, dalam waktu tersebut ya kami perpanjang 30 hari lagi.

Halaman
12
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved