Malang Raya

Pencarian Pemulung Tertimbun Sampah Terkendala Peralatan dan Bau

#MALANG - Ia memahami bau menyengat di sekitar lokasi pencarian yang membuat tim pencari mudah lelah.

Pencarian Pemulung Tertimbun Sampah Terkendala Peralatan dan Bau
SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
PEMULUNG TERTIMBUN - Kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang, Kota Malang, usai seorang pemulung tertimbun longsoran sampah, Rabu (11/7/2018). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto meninjau TPA sampah Supiturang Kota Malang, Kamis (12/7/2018) petang.

Wasto melihat lokasi longsornya tebing sampah hingga menimbun seorang pemulung, Agus Sujarno.

Pencarian terhadap Agus akan diteruskan, Jumat (13/7/2018) pagi. Wasto memberikan arahan kepada tim pencari.

Usai bertemu dengan tim pencari dan melakukan evaluasi, Wasto menekankan dua hal.

"Pertama, jangan ada alasan keterbatasan peralatan sehingga menjadi kendala pencarian. Peratalan kita banyak ada di DLH itu bisa dipakai sehingga pencarian bisa maksimal. Besok pagi pencarian akan diteruskan dimulai pukul 07.00 Wib," ujar Wasto.

Kedua, Wasto mengapresiasi penerapan shift dalam pencarian pemulung itu. Ia memahami bau menyengat di sekitar lokasi pencarian yang membuat tim pencari mudah lelah.

"Karenanya sistem shift setiap 15 menit sekali bergantian antara personel itu tepat dan harus diteruskan. Bergantian namun tidak terputus mengingat banyaknya personel. Jadi setiap 10 orang mencari selama 15 menit, kemudian digantikan oleh personel lain," tegas Wasto.

Wasto juga memberikan motivasi kepada tim pencari. Ia mengucapkan terimakasih kepada tim pencari mulai dari kepolisian, Basarnas, sejumlah tim SAR, juga Dinas Kesehatan, serta paguyuban pemulung di TPA Supiturang.

'Paguyuban pemulung juga ikut membantu menunjukkan solidaritas mereka," pungkas Wasto.

Pencarian terhadap Agus dihentikan sementara, Kamis (12/7/2018) sore mengingat situasi gelap dan terjadi beberapa kali longsoran tebing sampah. Pencarian diteruskan, Jumat (13/7/2018) pagi.

Seperti diberitakan, ada titik tebing sampah di Supiturang longsor, Rabu (11/7/2018). Longsornya tebing sampah itu dilaporkan menimbun seorang pemulung yang sedang mencari sampah. 

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved