Malang Raya

Telur dari Blitar Dikirim ke Jakarta, Harga Telur di Kota Malang jadi Rp 26.000 per Kg

Pasokan telur dari Blitar banyak dikirimkan ke Jakarta beberapa pekan terakhir karena pasokan telur dari Lampung berkurang.

Telur dari Blitar Dikirim ke Jakarta, Harga Telur di Kota Malang jadi Rp 26.000 per Kg
surya/samsul hadi
Pedagang telur di Kota Malang. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Harga telur merangsek naik. Menurut pedagang telur di Pasar Oro-Oro Dowo Kota Malang, harga telur di pasar itu di kisaran Rp 26.000 per kilogram.

"Sudah sekitar empat hari. Naik dari sebelumnya Rp 23.000, kemudian Rp 24.000 per kilogram," ujar Juwono, seorang pedagang di Pasar Oro-Oro Dowo, Kamis (12/7/2018).

Juwono tidak mengetahui secara pasti penyebab kenaikan harga telur. Pedagang menaikkan harga telur karena harga dar tingkat agen telah naik. Juwono hanya mengetahui adanya kegagalan panen ayam petelur sehingga berpengaruh di tingkat pasokan dan harga.

Sementara itu M Arief Budiman, seorang pedagang besar telur asal Kelurahan Balearjosari Kota Malang membenarkan kenaikan harga telur itu. Di tingkat pedagang besar, harga telur berkisar Rp 24.000 per kilogram. "Kalau di tingkat pedagang besar sekitar Rp 24.000 per kilogram. Saya melayani toko dan grosir," kata Arief.

Kenaikan harga telur ini dimungkinkan berkurangnya pasokan dari sentra telur di Blitar.

Menurut Arief, pasokan telur dari Blitar banyak dikirimkan ke Jakarta beberapa pekan terakhir karena pasokan telur dari Lampung berkurang.

"Kabarnya ada kegagalan panen telur di Lampung, sehingga permintaan dari Jakarta ke Blitar lebih banyak. Jakarta itu kan biasanya mengambil dari Lampung, dan Blitar. Ketika di Lampung kosong, maka permintaan ke Blitar lebih banyak," ujarnya.

Ia mengakui, dirinya masih memiliki stok barang. Namun pasokan di pasaran kini tidak sebanyak biasanya, sehingga harga berangsur naik.

Sementara itu di Pasar Gadang, harga telur berkisar Rp 25.000 perkilogram. "Harga hari ini Rp 25.000 per kilogram, sudah beberapa hari terakhir segitu," ujar Eka, seorang pemilik warung di Jl Gajah Mada Kota Malang.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help