Cuaca Arab Saudi Tembus 50 Derajat Celcius, CJH Harus Bawa Semprotan Wajah

"Setiap jam kalau bisa minum air satu gelas. Jangan lupa siapkan juga topi, kacamata dan masker," imbuhnya.

Cuaca Arab Saudi Tembus 50 Derajat Celcius, CJH Harus Bawa Semprotan Wajah
sutono
Ratusan CJH Jombang Kloter 79 saat di lapangan kantor Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jombang, menunggu pembagian koper haji. 

SURYAMALANG.COM, JOMBANG - Cuaca di Arab Saudi hari ini terik menyengat. Berkisar antara 45 hingga 50 derajat celcius di siang hari, terutama di luar ruang.

Cuaca terik yang sangat menyengat ini bisa menimbulkan dehidrasi. Karena itu para calon jamaah haji (CJH) diminta selalu membawa semprotan air untuk disemprotkan ke wajah secara berkala jika sedang berada di luar ruang, baik di Mekkah maupun Madinah.

"Cuaca yang menyengat ini diperkirakan akan terus terjadi hingga musim haji selesai," kata Wahyudi, tim Kesehatan Haji, saat sosialisasi kesehatan atas ratusan CJH Kloter 79 di Kantor Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) Jombang, Jumat (13/7/2018).

Oleh karenanya, Wahyudi meminta kepada para jamaah haji untuk selalu menyediakan semprotan air untuk menjaga kelembaban wajah.

"Setiap jam kalau bisa minum air satu gelas. Jangan lupa siapkan juga topi, kacamata dan masker," imbuhnya.

Jamaah haji juga diminta mempersiapkan diri baik-baik, terutama jika menuju ke Masjidil Haram di Mekkah maupun masjid Nabawi di Madinah.

"Sebab, banyak kejadian jamaah kehilangan sandal sehingga pulang ke hotel tanpa alas kaki. Akibatnya kaki melepuh seperti terbakar," imbuh Wahyudi.

Soal semprotan wajah ini, jamaah haji Indonesia oleh Kementerian Kesehatan sudah dibekali dengan tabung yang bisa diisi air untuk sewaktu-waktu disemprotkan ke wajah.

Kedatangan ratusan CJH Kloter 79 itu selain mendapatkan sosialisasi kesehatan, juga untuk mendapatkan distribusi koper haji.

Koper haji itu selain untuk wadah perlengkapan jamaah haji, sekaligus menjadi identitas jamaah. Sebab, di situ tertempel data diri di setiap koper tersebut.

Setiap CJH mendapat tiga koper. Satu berupa koper untuk barang-barang utama dan berat. Kemudian kedua, tas tenteng untuk barang-barang pribadi, dan ketiga tas kecil berisi barang-barang ringan tapi penting (uang, dokumen dan sebagainya).

Tahun 2018 ini, Kabupaten Jombang, memberangkatkan 1.113 CJH. Jumlah tersebut akan terbagi menjadi 3 kloter. Yakni kloter 78 sebanyak 223 orang CJH, kloter 79 sebanyak 445 CJH dan kloter 80 sebanyak 445 CJH.

Calon jamaah haji asal Kabupaten Jombang direncanakan berangkat pada 12 dan 13 Agustus 2018.

CJH ini akan diberangkatkan melalui Embarkasi Surabaya dan transit di Asrama Haji Sukolilo sebelum terbang ke tanah suci Mekkah.

Penulis: Sutono
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help