Surabaya

Inilah 29 Bakal Calon Anggota DPD Jatim, Ada Tokoh Partai hingga Ormas

“Hanya ada tiga orang perempuan yang mendaftar yakni Emilia Contessa, Evi Zainal Abidin, dan Hj Harbiah Salahuddin,” terangnya.

Inilah 29 Bakal Calon Anggota DPD Jatim, Ada Tokoh Partai hingga Ormas
Dewan Perwakilan Daerah (DPD). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Hingga batas akhir pendaftaran calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) pada Rabu (11/7/2018) pukul 24.00 WIB, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur telah menerima berkas pendaftaran 29 calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Jawa Timur.

Berdasarkan penjelasan Komisioner KPU Jatim, Choirul Anam, tiga di antaranya termasuk calon yang berasal dari petahana. Yaitu, Ahmad Nawardi, Emilia Contessa dan Abdul Qodir Amir Hartono.

“Kalau dari sisi gender, hanya ada tiga orang perempuan yang mendaftar yakni Emilia Contessa, Evi Zainal Abidin, dan Hj Harbiah Salahuddin,” terangnya.

Dari beberapa nama yang mendaftar, tampak pula sejumlah tokoh lintas organisasi masyarakat. Baik ormas keagamaan, ormas kepemudaan maupun organisasi ekstra universitas.

Diantaranya, Nadjib Hamid (Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jatim), Alfa Isnaini (Korwil Jatim PP GP Ansor), hingga Fairouz Huda dan Fatihul Faizun (IKA PMII).

Ada pula pengusaha yang juga menjabat Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim, sekaligus Ketua MPW Pemuda Pancasila Jatim, La Nyalla Mahmud Mattalitti juga ikut mendaftar.

Selain itu sejumlah tokoh politisi lintas partai juga ikut meramaikan persaingan. Diantaranya, Pudjo Basuki dan Suhandoyo dari PDI Perjuangan, Harbiah Salahuddin yang juga politisi Golkar, serta KRP Mujahid Anshori (PPP).

“Diantara calon yang mendaftar, juga ada yang masih satu keluarga yaitu Emilia Contessa (Ibu) dan Enrico W.R Tambunan,” tambah Choirul Anam.

Pihaknya juga telah memverifikasi syarat dukungan yang sudah diserahkan oleh masing-masing pendaftar. “Syarat dukungan minimal adalah 5 ribu orang yang tersebar di 50 persen kabupaten/kota di Jatim atau 19 daerah,” jelasnya.

Penomoran calon anggota DPD RI pada Pileg 2019 berbeda dengan pemilu sebelumnya sebab nantinya nomor urut calon senator akan dimulai dari nomor 21 karena jumlah parpol peserta Pileg mendatang ada sebanyak 20 parpol.

Terpisah, Komisioner KPU Jatim, M Arbayanto menambahkan ada masa perbaikan syarat calon selama 21-24 Juli mendatang. "Jika memang syaratnya sudah tak perlu perbaikan, maka kita akan masukkan di Daftar Caleg Sementara (DCS)," kata Arba. 

Inilah nama-nama dari 29 calon anggota DPD RI asal Jatim:

1. A. Syaiful Ismail
2. A. Agus Patminto
3. Abdul Qadir Amir Hartono
4. Achmad Nurul Ilmi
5. Achmad Rusyad Manfaluti
6. Adilla Azis
7. Ahmad Nawardi
8. Ahmad Mujahid Ansori
9. Alfa Isnaeni
10. Andi Yuwono
11. Emilia Contessa
12. Enrico W.R. Tambunan
13. Evi Zainal Abidin
14. Fairouz Huda
15. Fatihul Faizun
16. Harbiah Salahuddin
17. Imam Khodri
18. La Nyalla Mahmud Mattaliti
19. Mashudi
20. Misbahul Munir
21. Mohammad Trijanto
22. Muhamad Koderi
23. Nadjib Hamid
24. Pudjo Basuki
25. Simon Purwo Ali
26. Sonhaji Zainudin
27. Suhandoyo
28. Supriasto
29. Zaiful Anam

Tags
Surabaya
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help