Malang Raya

MCW Evaluasi Pemkab dan Pemkot Malang serta Pemkot Batu

Malang Corruption Watch (MCW) menyodorkan evaluasi tengah tahun kepada tiga pemerintahan di Malang Raya.

MCW Evaluasi Pemkab dan Pemkot Malang serta Pemkot Batu
sri wahyunik
Malang Corruption Watch (MCW) menyodorkan evaluasi tengah tahun kepada tiga pemerintahan di Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu), Rabu (18/7/2018). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Malang Corruption Watch (MCW) menyodorkan evaluasi tengah tahun kepada tiga pemerintahan di Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu), Rabu (18/7/2018). Dari paparan MCW yang diterima Surya, evaluasi itu antara lain meliputi sorotan terhadap kasus korupsi dan indikasi tindakan korupsi di Malang Raya, pelayanan publik, keluhan masyarakat, dan pendidikan. MCW juga melaporkan dana publik yang diterima MCW.

Persoalan di sektor pelayanan publik yang disoroti oleh MCW terbilang beragam. Hal ini terlihat dari keluhan masyarakat yang masuk ke Sambat Online (Kota Malang), dan Lapor (Kabupaten Malang). Evaluasi itu untuk periode Januari - Juni 2018.

Berdasarkan pantauan MCW di Sambat Online Pemkot Malang, keluhan masyarakat terkait pelayanan publik paling banyak di perihal insfrastruktur, kemacetan, dan parkir.

"Kerusakan insfrastruktur ada 12 keluhan. Gangguan lalu lintas ada 10 pengaduan, dan parkir ada 7 keluhan, serta lain-lain ada 7 pengaduan. Total aduan warga mencapai 26 aduan," ujar Koordinator MCW, M Fahruddin.

Selain pengaduan lewat Sambt Online, MCW juga membuka pengaduan keliling. Dari posko pengaduan yang dibuka oleh MCW, diketahui pengaduan masyarakat banyak perihal pendidikan dasar menengah, kerusakan jalan, akses kesehatan, serta pelayanan listrik dan air.

Keluhan dari dunia pendidikan dasar menengah, kata Fahruddin, antara lain tentang minimnya fungsi Komite Sekolah.

Seluruh evaluasi dari MCW itu diberikan kepada tiga pemerintah daerah di Malang Raya.

Kepala daerah yang menghadiri paparan evaluasi tengah tahun MCW itu adalah Plt Wali Kota Malang Sutiaji. Sutiaji mengapresiasi evaluasi tersebut.

"Kami mengapresiasi atas evaluasi tersebut. Tentunya kami akan tindaklanjuti jika memang ada keluhan yang masuk. Pada prinsipnya, kami akan terima semua masukan selama masukan juga evaluasi itu disertai dengan data," tegas Sutiaji.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved