Malang Raya

Terdaftar 15 Partai di Kota Batu, Hanura Ditolak Karena Berkas Tak Lengkap

Yakni Perindo, Golkar, Nasdem, PKB, PDIP, Gerindra, Demokrat, PAN, Garuda, Partai Berkarya, Partai PKPI, PKS, PBB, PPP, dan PSI.

Terdaftar 15 Partai di Kota Batu, Hanura Ditolak Karena Berkas Tak Lengkap
IST
Kota Batu 

SURYAMALANG.COM, BATU - Ada 15 partai yang terdaftar untuk mengikuti ajang Pemilihan Legistatif (Pileg) 2019 di Kota Batu.

Yakni Perindo, Golkar, Nasdem, PKB, PDIP, Gerindra, Demokrat, PAN, Garuda, Partai Berkarya, Partai PKPI, PKS, PBB, PPP, dan PSI. Di balik itu ada satu partai yang ditolak, yakni Hanura.

Ketua KPU Kota Batu, Rochani mengatakan dari parpol yang mendaftar, KPU Kota Batu menolak bacaleg dari Partai Hanura karena persyaratan pengajuan tidak memenuhi syarat.

Dikatakannya dokumen persyaratan pengajuan bacaleg ditolak, karena tidak ditandatangani oleh pimpinan parpol di tingkat kota.

Dalam syarat pengajuan bacaleg terdapat beberapa formulir, mulai model B (form pencalonan), B1 (daftar calon masing-masing dapil), B2 (pernyataan pimpinan parpol tentang rekrutmen caleg sesuai AD/ART partai), dan B3 (pakta integritas tidak libatkan napi koruptor, bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak).

"Seluruh dokumen tersebut, wajib ditandatangani pimpinan parpol tingkat kota. Tanda tangan asli dan stempel atau cap basah. Apabila salah satu tidak terpenuhi, KPU Kota Batu tidak bisa menerima dokumen pengajuan bacaleg," kata Rochani, Rabu (18/7/2018).

Hingga pendaftaran ditutup, KPU Kota Batu menerima 324 bacaleg untuk Pemilu 2019 dari semula sejumlah 345, setelah dikurangi calon dari Partai Hanura. Ia menambahkan dari 15 partai itu delapan partai mengajukan persyaratan lengkap 100 persen.

"Sisanya tidak 100 persen. Delapan partai itu Perindo, Golkar, Nasdem, PKB, PDIP, Gerindra, Demokrat, PAN," pungkasnya.

Salah satu partai peraih kursi terbanyak di DPRD Kota Batu, PDIP memasang target 4 kursi baru dari tiap dapil yang ada di Kota Batu. Di mana sebelumnya sudah PDIP sebelumnya merai 5 kursi dalam Pileg 2014-2019.

"Kami menargetkan setiap dapil bida meraih 2 kursi. Jadi totalnya ada 9 kursi yang harus bisa diraih nanti," ujar Ketua DPC PDI P Kota Batu, Suliadi.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help