Sidoarjo

Bocah Sidoarjo Juara Matematika Tingkat Dunia di Korea Selatan

Cleo berhasil berangkat ke Korea mewakili Indonesia setelah sebelumnya menjuarai medali emas pertama di babak penyisihan WMI.

Bocah Sidoarjo Juara Matematika Tingkat Dunia di Korea Selatan
Cleona Einar Maulidiva 

SURYAMALANG.COM - Cleona Einar Maulidiva menyedot perhatian seluruh dunia di bidang matematika. Bocah imut yang baru saja baik kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Maarif NU Pucang Sidoarjo ini baru saja ikut mengharumkan Indonesia di mata internasional.

Bocah jago matematika ini baru saja pulang dari Songdo Campus Universitas Yonsei Seoul Korea Selatan mengikuti kompetisi matematika tingkat dunia.

Lomba menyelesaikan soal matematika dalam bahasa Inggris diikuti 21 negara seluruh dunia. Mulai 14-17 Juli 2018.

Saat Cleo dipanggil dalam penganugrahan medali tanda menjuarai kompetisi adu matematika tingkat dunia ini, bocah berjilbab ini terus menyedot perhatian 3.000 lebih pelajar dari seluruh dunia itu.

Cleona membawa medali perak dalam adu matematika tingkat dunia di ajang World Mathematics Invitational (WMI). Lomba mengerjakan soal dengan tingkat kerumitan tinggi ini, Cleona yang jago matematika ini menyelesaikannya dengan baik.

Dia dimasukkan dalam kategori atau Grade 1. Tingkatan ini adalah khusus bagi peserta usia kelas 1 SD. Kompetisi matematika ini digelar hingga Grade SMA. 

Setiap peserta masing masing akan melawan peserta lain sesuai grade. Cleona yang ada di Grade 1 bersaing dengan peserta lain dari 21 negara. Di antaranya wakil dari Amerika, Inggris, Nigeria, Taiwan, Bulagaria, India, dan lain sebagainya. 

Setiap peserta wajib mengikuti dua sesi lomba. Yakni pertama adalah mengerjaam soal Logical Thinking berupa pilihan ganda. "Waktunya 40 menit. Agak mudah kalau ini," kenang Cleona.

Kemudian dilanjutkan sesi berikutnya yakni sesi kedua yakni mengerjakan soal Aplikasi berupa  isian singkat. Ada 10 soal dengan durasi mengerjakan 40 menit. Cleona yang kerap ikut Olimpiade matematika ini pun menjalankan tugasnya dengan baik. 

Hasilnya, dia dapat medali Perak. "Saya bangga saat melihat Cleona berjalan ke panggung menerima medali. Nama Indonesia disebut. Anak saya paling imut sendiri," ucap Shinta, Ibunda Cleona. 

Halaman
123
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help