Piala AFF

Jelang Laga Timnas U16 Vs Malaysia, Ini Pesan Fakhri Husaini kepada Seluruh Suporter Indonesia

Timnas Indonesia U16 akan melakoni laga syarat gengsi di babak semifinal Piala AFF U16 2018 kontra Timnas Malaysia di Stadion Gelora Delta Sidoarjo

Jelang Laga Timnas U16 Vs Malaysia, Ini Pesan Fakhri Husaini kepada Seluruh Suporter Indonesia
SURYAMALANG.COM/Khairul Amin
Fakhri Husaini, pelatih Timnas Indonesia U-16 usai memimpin latihan di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Senin (30/7/2018). 

SURYAMALANG.COM, SIDOARJOTimnas Indonesia U16 akan melakoni laga syarat gengsi di babak semifinal Piala AFF U16 2018 kontra Timnas Malaysia di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis malam (9/8/2018).

Laga itu dipastikan berlangsung ketat, melihat rivalitas antara kedua negara. Apalagi situasi dan kondisi sebelum pertandingan, kedua negara ini sudah terlibat ketegangan.

Mulai dari persoalan pemasangan bendera Merah Putih terbalik yang dilakukan oleh salah satu pemain Malaysia di akun Instagramnya, hingga respon ejekan suporter Indonesia kepada pemain Malaysia yang berujung laporan FAM (Federasi Sepakbola Malaysia) kepada FIFA dan AFC terhadap Indonesia.

Baca: Jika Malaysia Bermain Bertahan, Inilah yang Harus Dilakukan Pemain Timnas Indonesia U16

Baca: Timnas Indonesia U16 Vs Malaysia, Fakhri Husaini Genjot Porsi Latihan dengan Menu Penalti

Baca: Prediksi Skor Timnas U16 Indonesia Vs Malaysia Semifinal Piala AFF U-16 2018, Kick Off Jam 19.00

Meskipun akan berlangsung dengan tensi tinggi, Fakhri Husaini berharap, suporter Indonesia tetap menjunjung tinggi nilai-nilai fairplay dan nilai-nilai respect, baik untuk lawan, wasit, maupun sesama suporter.

“Ini pertandingan sepak bola, ini pertandingan kelompok umur U16, bahwa suporter menginnginkan timnya untuk menang, itu normal, tapi saya berharap bahwa pertandingan ini harus dapat dilaksanakan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai fairplay dan nilai-nilai respect.

"Respect terhadap lawan, respect terhadap wasit, juga respect pada sesama suporter. Termasuk respect juga pada lagu kebangsaan pada masing-masing negara,” ungkapnya, Rabu (8/8/2018).

Fakhri mengajak untuk semua suporter untuk kembali mendukung Indonesia dengan cara-cara yang suportif dan kreatif seperti di laga-laga sebelumnya di babak penyisihan.

Baca: Jadwal & Jam Tayang Timnas U16 Indonesia Vs Malaysia Piala AFF U-16 2018 - 3 Keuntungan Tuan Rumah

Baca: Timnas Indonesia U16 Vs Malaysia Panas Sebelum Pertandingan, Ini Pesan dari Panpel Piala AFF U16

Baca: Timnas Indonesia U16 Bertemu Malaysia di Semifinal Piala AFF U16 2018, Ini Jadwal dan Lokasinya

“Mari kita bersama-sama tunjukkan pada dunia, tidak hanya pada Asean. Apa yang sudah suporter tunjukkan di Sidoarjo di babak penyisihan di mana tiap Indonesia main stadion selalu penuh, dengan kreativitas cukup tinggi, dengan yel-yel yang sangat memotivasi, itu kita tunjukkan. Saya berharap di pertandingan besok melawan Malaysia, semarak itu tetap terjadi. Tapi semarak dalam arti positif,” tambahnya.

Apalagi menurut Fakhri, Indonesia sebagai bangsa berbudaya dan beretika harus bisa menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia bisa menghormati dan menjamu dengan baik.

“Tunjukkan bahwa kita bangsa yang berbudaya, bangsa yang beretika, bahwa menghormati tamu itu penting, jangan sampai hal-hal positif yang sudah kita lakukan di babak penyisihan itu tercoreng karena hanya ada beberapa oknum yang mencoba untuk memprovokasi,” terang pelatih asal Aceh tersebut.

Sementara mengenai tingginya tensi permainan di laga nanti, menurut Fakhri itu hal wajar, dia meminta suporter tetap tenang dan suportif, berikan dukungan dengan sekreatif mungkin, sementara tentang perjuangan memenangkan pertandingan, dia meminta percayakan pada semua pemain yang sedang bertanding di lapangan.

“Saya yakin tidak ada satupun laga semifinal yang akan berjalan dengan datar-datar saja tanpa ada hasrat dan keinginan kuat untuk saling memenangkan. Memenangkan pertandingan Itu tugas kami di lapangan, ijinkan kami di lapangan bertempur habis-habisan, berjuang habis-habisan, suporter dukunglah kami dengan cara-cara yang suportif seperti yang sudah dilaku kemaren,” pungkasnya. 

Penulis: Khairul Amin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help