Travelling

Kampung Lemah Abang (LA) di Kota Batu Indah Berhias Lampu Warna-Warni, Sungguh Instagramable

Kampung Lemah Abang (LA) di Kota Batu Indah Berhias Lampu Warna-Warni, Sungguh Instagramable. Cocok untuk Melepas penat

Kampung Lemah Abang (LA) di Kota Batu Indah Berhias Lampu Warna-Warni, Sungguh Instagramable
IST
Suasana Kampung Lemah Abang (LA) di Desa Gunungsari Kota Batu saat malam hari yang dipenuhi dengan lampu warna-warni. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Udara sejuk menyelimuti Kampung Lemah Abang (LA) di Dusun Pagergunung, Desa Gunungsari, Kota Batu, Rabu (8/8/2018).

Walaupun siang hari, di kampung itu tidak tersinari matahari, tetap bisa menikmati pemandangan seisi Kota Batu. Sekilas kampung ini tampak biasa, tapi jika malam hari ada yang berbeda dari kampung biasanya.

Warga di kampung ini menghias rumah mereka dengan lampu LED warna-warni. Yang bikin unik, lampu itu mengelilingi setiap rumah dan membentuk bangunan rumah.

Jika malam hari, suasana kampung itu sangat bagus. Karena hampir semua rumah yang terdiri dari 45 kepala keluarga kompak menghias dengan lampu warna-warni. Suasana ini pun sungguh puitis dan sangat Instagramable.

Yusuf Rianto penggagas ide Kampung LA mengatakan ide awal itu bermula karena di kampung ini menjual pemandangan yang menarik.

"Kami menyuguhkan pemandangan yang Indah, pemandangan kota dan hamparan sawah pertanian. Makanya kami buat semenarik mungkin dengan memasang lampu warna-warni," kata Yusuf saat ditemui di Kampung LA.

Warga Kampung LA mulai memasang lampu ini sejak Juni kemarin. Karena masih baru, mereka mengandalkan swadaya masyarakat. Biaya listriknya juga ditanggung oleh setiap rumah. Yusuf mengungkapkan beberapa warga juga ada yang mengeluh kalau ada yang biaya listriknya naik.

Tetapi mereka juga belum mendapatkan penghasilan. Ke depan, ada beberapa rencana yang segera dikembangkan di Kampung LA ini.

"Seperti kedai kopi, penginapan, dan tempat nongkrong. Beberapa sudah ada warga yang ke sini tapi karena masih belum ada apa-apa jadi banyak yang kecewa," ungkapnya.

Saat ini kampung LA masih proses pengajuan untuk mendapatkan bantuan dari Pemkot Batu. Tidak hanya itu, Kampung LA juga bakal membuka edukasi pertanian. Karena dikelilingi oleh sawah. Mayoritas pekerjaan penduduk di sana juga sebagai Petani.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata, Imam Suryono menambahkan beberapa lokasi di Kota Batu yang berpotensi menjadi desa wisata akan dimasukkan ke dalam anggaran saat PAK nanti.

"Tentu kami sangat mendukung apapun yang dilakukan masyarakat untuk mewujudkan desa wisata. Untuk anggarannya kami rencanakan nanti masuk ke dalam PAK tahun ini," kata Imam. 

Apalagi, lanjutnya kampung ini memiliki sejarah dengan dusun lainnya. Sehingga memiliki nama Lemah Abang.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help