Banyuwangi

Andil Orangtua dan Wali Murid Membangkitkan SDN 3 Sraten dari Keterpurukan

Tawa ceria para murid baru SDN 3 Sraten di Desa Sraten, Cluring, Kabupaten Banyuwangi, terdengar begitu riang dari dalam kelas 1.

Andil Orangtua dan Wali Murid Membangkitkan SDN 3 Sraten dari Keterpurukan
Wajah ceria para murid baru kelas 1 SDN 3 Sraten, Cluring, Banyuwangi. 

SURYAMALANG.COM, BANYUWANGI – Tawa ceria para murid baru SDN 3 Sraten di Desa Sraten, Cluring, Kabupaten Banyuwangi, terdengar begitu riang dari dalam kelas 1.

Sebelumnya, kelas yang berada di pojokan sekolah itu tidak pernah seramai seperti pagi itu, Kamis (9/8/2018).

Tahun ajaran baru ini, SDN 3 Sraten menerima 17 murid baru. 15 murid merupakan siswa baru di kelas 1, sedangkan dua siswa lainnya pindahan untuk kelas 2 dan 3.

Itu menjadi catatan spesial karena tahun-tahun sebelumnya, SDN 3 Sraten hanya menerima sedikit murid. Kondisi itu sangat miris sehingga membuat SDN 3 Sraten seakan berada diujung tanduk. Di tahun sebelumnya, murid kelas 1 SDN 3 Sraten hanya berjumlah tiga siswa saja!

Itu pun seorang murid sempat mengalami perawatan medis serius karena kecelakaan. Otomatis, hanya tersisa dua orang siswa yang ada di dalam kelas untuk beberapa hari. Namun beberapa hari kemudian, murid yang mengalami kecelakaan itu kembali masuk kelas.

Kehadiran 17 siswa baru ini tentu memberi angin segar bagi para guru dan orangtua walimurid yang lain.

Para guru pun bersemangat mengajar. Murid semangat belajar. Sementara orangtua mempercayakan guru memenuhi tanggungjawabnya sebagai pengajar.

Bagaimana kemudian SDN 3 Sraten bisa menerima banyak murid barunya? Ternyata ada peran orangtua walimurid di dalamnya.

Sekilas cerita, SDN 3 Sraten selalu banyak peminatnya di era 90-an, namun belakangan orangtua enggan menyekolahkan anak-anaknya di SDN 3 Sraten. Para orangtua lebih memilih menyekolahkan anaknya di sekolah lain dari pada di SDN 3 Sraten.

Hingga akhirnya puncak krisis jumlah siswa itu terjadi pada tahun ajaran 2017. Hanya ada tiga murid saja yang mendaftar di SDN 3 Sraten.

Halaman
1234
Tags
Banyuwangi
Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help