Malang Raya

Sekretaris Pemkot Malang Janji Serius Telusuri Penerima Hibah Air Minum

"Ini saya seriusi, akan segera saya tindaklanjuti dengan bertanya kepada kepada PDAM," ujar Wasto kepada SuryaMalang.com, Kamis (9/8/2018).

Sekretaris Pemkot Malang Janji Serius Telusuri Penerima Hibah Air Minum
sri wahyunik
Papan pengumuman penerima hibah air minum perkotaan di Jl Patimura, Kota Malang. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Sekretaris Pemerintah Kota Malang, Wasto, berjanji menindaklanjuti dugaan misteriusnya penerima program hibah air minum perkotaan.

"Ini saya seriusi, akan segera saya tindaklanjuti dengan bertanya kepada kepada PDAM," ujar Wasto kepada SuryaMalang.com, Kamis (9/8/2018).

Wasto menegaskan, Pemkot Malang masih akan menelusuri apakah bantuan itu sudah diterima dan tepat sasaran, dengan cara bertanya kepada PDAM selaku operator penerima hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat itu.

"Kalau untuk hibah memang sudah rutin kami terima. Hibah air minum ini untuk menyukseskan program 100-0-100. Program diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah," kata Wasto.

Sebelumnya, dirinya sudah mengkonfirmasi kepada PDAM ketika warga sekitar Jl M Yamin Kelurahan Sukoharjo Kecamatan Klojen mempertanyakan papan pengumuman penerima hibah air minum itu.

Menurutnya, dari sembilan KK yang mengusulkan, PDAM menyetujui enam KK sebagai penerima.

Sedangkan untuk papan pengumuman di Jl Juanda Kelurahan Jodipan Kecamatan Blimbing dan Jl Patimura Kelurahan/Kecamatan Klojen, Wasto belum bisa memberikan pernyataan karena masih harus bertanya kepada pihak PDAM.

Terkait pengawasan kinerja, PDAM diawasi oleh Badan Pengawas PDAM. Pihak Inspektorat dan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) juga ikut mengawasi melalui audit keuangan dan kegiatan, seperti halnya instansi lain di Pemkot Malang.

Wasto sekilas menyebutkan alur penerimaan dana hibah dari pemerintah pusat. Dana hibah itu dicatat ke APBD, kemudian diberikan kepada PDAM melalui penyertaan modal.

Wasto menegaskan juga, posisi sejumlah direktur yang dijabat oleh Plt tidak mempengaruhi kinerja PDAM.

"Itu tidak berpengaruh, siapapun yang menjabat harus bekerja secara profesional dan tidak berpengaruh ke kinerja," tegas Wasto.

Seperti diberitakan, terdapat papan pengumuman program penerima hibah air minum perkotaan di Jl Patimura dan Jl Juanda. Namun warga di RW dekat lokasi papan itu tidak merasa sebagai penerima bantuan hibah tersebut.

Tags
Malang
PDAM
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help