Malang Raya

Dulu Anton Ingin Monorail, Kini Sutiaji Rencanakan Jalan Tol Tengah Kota Malang

Anton getol mewacanakan pembangunan monorail. Hingga masa kepemimpinannya berakhir, wacana itu tidak terwujud.

Dulu Anton Ingin Monorail, Kini Sutiaji Rencanakan Jalan Tol Tengah Kota Malang
hayu yudha prabowo
BERBINCANG - Plt Wali Kota Malang, Sutiaji berbincang dengan Kepala BP2D, Ade Herawanto dengan latar belakang aplikasi Sampade dalam pembukaan sosialisasi pajak daerah di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Jumat (10/8/2018). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Plt Wali Kota Malang Sutiaji melontarkan wacana tentang tol tengah kota. Pernyataan rencana pembangunan tol tengah kota ini dia lontarkan saat membuka sosialisasi pajak daerah tentang Pajak Hotel di Balai Kota Malang, Jumat (10/8/2018).

Catatan SuryaMalang.com, pernyataan Sutiaji ini menjadi wacana baru pembangunan penunjang transportasi di Kota Malang. Sebab selama pemerintahan Kota Malang dipimpin M Anton - Sutiaji (2013 - 2018) wacana tol tengah kota tidak pernah dibicarakan.

Saat Anton masih aktif menjadi Wali Kota, Anton getol mewacanakan pembangunan monorail. Hingga masa kepemimpinannya berakhir, wacana itu tidak terwujud.

Anton tidak terpilih dalam kontestasi Pilkada Kota Malang 2018. Kepala daerah Kota Malang terpilih adalah Sutiaji - Sofyan Edi Jarwoko. Sutiaji saat inijuga menjadi Plt Wali Kota Malang.

Tiba-tiba saat berpidato di hadapan pengelola hotel dan penginapan di Kota Malang, Sutiaji melontarkan wacana pembangunan tol tengah kota itu.

"Nanti RTRW (rencana tata ruang wilayah) akan dibongkar, karena akan ada tol tengah kota. Sudah ada investor," ujar Sutiaji dalam pidatonya.

Usai membuka sosialisasi pajak daerah itu, kepada wartawan, Sutiaji membenarkan rencana pembangunan tol tengah kota itu. Menurutnya, pembangunan tol itu merupakan saran dari sejumlah pakar transportasi untuk mengatasi kemacetan di KOta Malang.

"Pembangunannya tentu tidak bisa serta merta, karena harus menyusun RTRW. RTRW harus diubah, kemudian diajukan juga ke provinsi. Wacana ini tidak asal ngomong karena berdasarkan saran dan kajian dari ahli transportasi," tegas Sutiaji.

Menurutnya ada investor yang tertarik dengan rencana pembangunan tol tengah kota itu. Sutiaji sekilas menjelaskan, tol tengah kota itu berbentuk jalan layang, yang di bawahnya tetap menjadi jalan raya.

"Pembangunannya tentu melibatkan daerah tetangga, karenanya ini akan kami bicarakan dengan kepala daerah Batu dan Kabupaten saat pertemuan nanti tanggal 24 Agustus 2018," tegas Sutiaji.

Tags
Malang
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help