Malang Raya

Mahasiswa ITN Malang Bikin Alat Pembungkus Blimbing Anti Lalat Buah

mahasiswa ITN Malang membuat alat yang membantu petani buah blimbing agar buahnya aman dari serangan lalat buah.

Mahasiswa ITN Malang Bikin Alat Pembungkus Blimbing Anti Lalat Buah
IST
Alat pembungkus blimbing bernama Gala Gantung Semar buatan mahasiswa ITN Malang yang lolos ke ajang Pimnas di Yogyakarta yang bakal dihelat dua pekan depan. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Tiga mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang yaitu Muhamad Zaydi Muhazzab, Tiar Bagus Musfiron, dan Nanda Romadhoni membuat alat yang membantu petani buah blimbing agar buahnya aman dari serangan lalat buah.

Alatnya juga bisa membantu untuk memanen. Namanya Gala Gantung Semar. Bentuknya seperti galah namun bisa dinaik turunkan seperti tongsis. Di alat itu bisa memasang plastik di buah blimbing antara 5-6 buah. Saat menutup buah tinggal pencet saklar dan mengeratkan ujung plastiknya.

"Kalau plastiknya sudah habis, bisa dipasang lagi," jelas Tiar Bagus kepada SURYAMALANG.COM, Jumat (10/8/2018).

Dengan bantuan alat ini, maka petani tidak perlu ribet memasangi kantong plastik secara manual. Kata dia, ujicoba berulang kali dilakukan di kampus 2 ITN yang banyak tanaman blimbingnya. Tingkat keberhasilannya mencapai 90 persen.

"Sudah kita kenalkan juga ke petani blimbing sebagai testimoni," jawab mahasiswa semester 5 ini. Untuk galahnya, mereka memakai alat pemasangan bola lampu. Namun untuk menaikturunkan galahnya belum sebagus tongsis yang otomatis berhenti.

"Ini masih perlu dikunci dulu," kata dia. Untuk panjangnya, ada dua opsi. Opsi pertama panjangnya 166 cm dan opsi kedua panjangnya 290 cm. Karena itu dengan dosen pembimbingnya sedang berusaha menyempurnakan.

Sebab tim ini merupakan satu-satunya tim ITN yang lolos ke pimnas dua pekan depan di Universitas Negeri Yogyakarta pada 28 Agustus-2 September 2018 bersama berbagai perguruan tinggi Indonesia.

"Semoga bisa mendulang emas di pimnas," doanya.

Saat pembuatan, biayanya memang masih tinggi terutama galahnya. Namun jika ditekan masih bisa agar nanti jika dijual ke petani harganya terjangkau.

Dijelaskan dia, ide Gala Gantung Semar seperti prinsip kerjanya kantung semar. Kalau ada serangan, maka kantung semar akan menutup.

Alat ini sudah dilengkapi dengan motor DC 12 volt dan dua buah baterai berkekuatan 18 volt (per baterai 9 volt) sehingga lebih awet.

Kekuatan baterai bisa bertahan sekitar satu bulan pemakaian normal. Sedang bila intensitas pemakaian tinggi bisa tahan sampai 15 hari. Sementara jarak antar plastik sekitar 10 cm.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help