Malang Raya

Berkat Gel Pewangi Sepatu, Mahasiswi UMM Deva Ayunda Akan Berkompetisi di Singapura

Deva Ayunda, mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sedang mempersiapkan diri mengikuti ASEAN Young Entrepreneurs

Berkat Gel Pewangi Sepatu, Mahasiswi UMM Deva Ayunda Akan Berkompetisi di Singapura
IST
Deva Ayunda, mahasiswi UMM 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Deva Ayunda, mahasiswi Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sedang mempersiapkan diri mengikuti ASEAN Young Entrepreneurs Forum Comparative Study 2018 di Singapura.

Ini kegiatan International Business Plan Competition (IBPS) 2018 yang diselenggarakan Edconex Internasional dan studentbackpaker.com.

"Sekarang saya sedang mempersiapkan diri," jelas Deva Ayunda kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (12/8/2018). Mahasiswa prodi manajemen ini di sana pada 25-28 Agustus nanti.

Pekerjaan sambilannya di sebuah tenant di Malang Town Square (Matos) juga akan ditinggalkan karena ingin fokus ke ajang itu.

"Sejak semester 1, saya memang sudah senang bekerja dan kuliah," kata cewek kelahiran Tulungagung, 23 Juni 1995 ini. Namun dari mall ia bekerja itu, ia malah dapat inspirasi bisnis tentang penanganan sepatu bau.

"Biasanya kalau sholat di mushola kan merasakan bau dari sepatu-sepatu," kata dia.

Bisa jadi ada yang nggak sempat mencuci karena sibuk. Nah, untuk menangani itu diperlukan hal khusus. Ia membuat ide tentang gel pewangi otomatis.

Gel itu dibuat dari lidah buaya dan baking soda, kemudian diberi aroma lavender dan diformulasikan untuk kemudian diletakkan diujung sepatu. Sedang pendekatan bisnisnya adalah bisnis model canvas. Bisnis model canvas adalah menampung ide-ide konsumen.

"Misalkan ada konsumen ada inovasi lain papermint, bisa," terang mahasiswa semester 9 ini. Ide bisnisnya ini bernama "NextOne Shoes (Sepatu Dengan Gel Pewangi Otomatis Menggunakan Bisnis Model Canvas). Dari mahasiswa-mahaisiswa Indonesia, ia yang meraih nilai tertinggi 580.83.

Sedang nomer duanya adalah Michael Renu dari Universitas Tanjungpura dengan "Musikita" dengan nilai 554.80.

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help