Malang Raya

Sarinah Mulai Kembangkan Ritel DesaMart di Kepanjen Kabupaten Malang

Pembukaan ritel kecil DesaMart yang bersinergi dengan jaringan besar ritel Sarinah dimaksudkan sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat

Sarinah Mulai Kembangkan Ritel DesaMart di Kepanjen Kabupaten Malang
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Dirut PT Sarinah (Persero), Gusti Ngurah Putu Sudiarta Yasa didampingi Kades Curungrejo Kecamatan Kepanjen Malang, Sujud saat memotong pita pembukaan toko 99Mart (DesaMart), Minggu (12/8/2018). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Kembangkan sektor ritel kecil, PT Sarinah (Persero) buka DesaMart (99Mart) pertama di Kabupaten Malang.

Pembukaan ritel kecil DesaMart yang bersinergi dengan jaringan besar ritel Sarinah dimaksudkan sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan.

Bahkan nantinya, upaya pengembangan jaringan ekonomi bawah itu akan dilakukan Sarinah di seluruh Desa di Indonesia dengan membuka DesaMart.

Direktur Utama PT Sarinah (Persero), Gusti Ngurah Putu Sudiarta Yasa menjelaskan, di DesaMart itu nantinuya masyarakat pedesaan bisa mendapatkan barang-barang kebutuhan dengan harga murah. Ini dikarenakan semua barang kebutuhan masyarakat yang ada di DesaMart akan dipasok langsung oleh jaringan ritel Sarinah.

"DesaMart atau 99Mart itu keberadaanya bersinergi langsung dengan Sarinah. Dengan demikian harga jual barang di DesaMart akan lebih murah dibanding tempat lain," kata Gusti Ngurah usai membuka DesaMart atau 99Mart yang ada di kantor Desa Curungrejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang, Minggu (12/8).

Dijelaskan Gusti Ngurah, DesaMart dengan harga jual barang Sembako dirasa lebih murah tersebut bisa dimanfaatkan toko atau warung milik warga di pedesaan untuk kulakan barang. Dengan demikian, mereka tidak perlu pergi jauh mendapatkan barang dengan harga lebih murah.

Di samping itu, menurut Gusti Ngurah, DesaMart juga bisa menjadi tempat penyaluran hasil produk barang yang dihasilkan masyarakat. Dimana UKM di Desa dapat menitipkan barang hasil produk untuk dijual di DesaMart.

Bahkan, nantinya produk UKM yang masuk ke DesaMart bisa diteruskan penyaluran dan penjualanya melalui jaringan Sarinah. Dengan begitu, UKM tidak perlu bingung memasarkan hasil produksinya karena dapat dijual melalui DesaMart.

"Jadi keberadaan DesaMart tersebut ada dua fungsi. Yakni bisa untuk mendapatkan barang kebutuhan harga murah, dan juga sebagai pintu penyaluran hasil produksi warga," ucap Gusti Ngurah.

Memang, diakui Gusti Ngurah, Sarinah sebagai BUMN bidang ritel dalam mengembangkan ritel kecil melalui DesaMart menggunakan pola syariah. Semua produk yang dijual di DesaMart menggunakan sistem bagi hasil keuntungan sesuai syariah Islam.

Dan permodalan DesaMart sendiri berasal dari program kemitraan bina lingkungan BUMN. Seperti PT Sarinah, PT Pos, Perum Pegadaian, BNI, dan sebagainya. Dana bantuan kemitraan tersebut sistemnya bergulir selama 2 - 3 tahun untuk pengembangan DesaMart di setiap desa nantinya.

"Dan setiap 3 bulan sekali kami akan evaluasi DesaMart untuk pengembangan," tandas Gusti Ngurah yang optimis pengembangan ritel kecil Sarinah tidak akan mempengaruhi ritel kecil modern lain yang sudah ada.

Sementara Kepala Desa Curungrejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang, Sujud mengatakan, pihaknya berterimakasi pada PT Sarinah yang telah menjadikan DesaMart di Desa Curungrejo sebagai pengembangan ritel kecil pertama di Jawa Timur.

Pihaknya berharap keberadaan DesaMart yang berlabel 99Mart tersebut akan memberi manfaat bagi masyarakat Desa Curungrejo untuk mendapatkan sembako dan barang kebutuhan lain dengan harga murah dibanding toko lain.

"Kami dan warga menyambut antusias dibukanya 99Mart di Desa kami. Dan kami harap keberadaan DesaMart menjadi jembatan ekonomi masyarakat kecil di Pedesaan," tutur Sujud.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help