Surabaya

Usaha Pecahkan Rekor, Buat Lapis Arum Manis Sepanjang 17 Meter 8 Cm dan 45 Mm

Di tangan chef Grand Dafam Hotel Surabaya, tercipta makanan tradisional Lapis Arum Manis Merah Putih sepanjang 17 m 8 cm dan 45 mm

Usaha Pecahkan Rekor, Buat Lapis Arum Manis Sepanjang 17 Meter 8 Cm dan 45 Mm
SURYAMALANG.COM/Sudharma Adi
Chef Grand Dafam Hotel Surabaya bikin Lapis Arum Manis Merah Putih sepanjang 17 m 8 cm dan 45 mm 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Momen peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 dilakukan dalam berbagai cara, salah satunya dengan makanan tradisional.

Di tangan chef Grand Dafam Hotel Surabaya, tercipta makanan tradisional Lapis Arum Manis Merah Putih sepanjang 17 m 8 cm dan 45 mm.

General Manager Grand Dafam Hotel, Firman S Permana menjelaskan, peringatan HUT Kemerdekaan RI sebenarnya jadi momen penting untuk tak hanya mengingat jasa para pahlawan, tapi juga melestarikan makanan tradisional.

“Kami tak ingin melupakan sejarah, termasuk makanan tradisional. Makanya, kami mengangkat makanan ringan berupa arum manis dan es gabus,” terangnya, Jumat (17/8/2018).

Tak hanya sekadar membuat makanan tradisional saja, namun ukuran makanan juga disesuaikan dengan hari kemerdekaan RI yakni 17 meter lebih 8 cm dan 45 mm.

Panjangnya makanan Lapis Arum Manis ini juga adalah bagian dari usaha pemecahan rekor makanan tradisional sepanjang 17 m ke Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia (Leprid).

“Kami akan mengirim dokumentasi ke Leprid untuk diajukan dalam pemecahan rekor,” ujarnya.

Sedangkan Executive Chef Grand Dafam, Danang Dwi Lukita menambahkan, ada dua jenis makanan yang dibuat, yakni arum manis dan es gabus. Arum manis atau kembang gula dibuat dua warna yakni merah dan putih, sedangkan es gabus adalah makanan dari tepung hunkwe (sari kacang hijau).

“Kami membuat Lapis Arum Manis sepanjang itu selama lebih dari 4,5 jam,” terangnya.

Proses membuat Lapis Arum Manis ini dilakukan secara bertahap. Dimulai dengan mengolah tepung hunkwe dua warna dan membentuk seperti es lilin. Setelah itu, baru membuat arum manis dengan pressing pemanas.

“Lapisan luar dengan arum manis dan dalamnya es gabus warna merah dan putih,” pungkasnya.

Penulis: Sudharma Adi
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved