Universitas Brawijaya

Bergelar Guru Besar, Fadel Ditunjuk Menjadi Imam Kewirausahaan Sektor Publik

Prof Fadel Muhammad memberikan orasi ilmiah saat pengukuhan gelar profesor kepada dirinya di UB, Kamis (23/8/2018).

Bergelar Guru Besar, Fadel Ditunjuk Menjadi Imam Kewirausahaan Sektor Publik
benni indo
Prof Fadel Muhammad memberikan orasi ilmiah saat pengukuhan gelar profesor kepada dirinya di UB, Kamis (23/8/2018). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Politisi Golkar, Fadel Muhammad dikukuhkan sebagai professor di bidang kewirausahaan sektor publik. Pengukuhan itu dilakukan di Gedung Widya Loka, Universitas Brawijaya, Kamis (23/8/2018).

Fadel resmi bergelar professor setelah selama tujuh tahun memenuhi persyaratan sebagai guru besar. Hal itu dikemukakan Ketua Senat Universitas Brawijaya (UB) Profesor Arifin saat memberikan sambutan pada rapat terbuka pengukuhan Fadel sebagai Guru Besar.

“Kurang lebih tujuh tahun, perjuangan beliau untuk memenuhi perayaratan. Seperti Jurnal internasional dan pertemuan ilmiah,” papar Arifin, Kamis (23/8/2018).

Setelah dikukuhkan sebagai Guru Besar, Arifin menunjuk Fadel sebagai ‘Imam’ Kewirausahaan di Universitas Brawijaya. Ia juga mengatakan kalau Fadel adalah satu-satunya Guru Besar Kewirausahaan Sektor Publik yang lahir dari Universitas Brawijaya.

“Profesor Fadel adalah Guru Besar satunya-satunya kewirusahaan yang lahir dari UB. UB menunjuk imam kewirausahaan adalah Prof Fadel Muhammas,” terangnya.

Dipaparkan Prof Arifin, kehadiran seorang Guru Besar bidang Kewirusahaan Sektor Publik sangat cocok dengan cita-cita UB. Pasalnya, UB saat ini tengah berbenah diri untuk menjadi perguruan tinggi kewirausahaan.

“Seluruh fakultas mendapat mata kuliah kewirusahaan kepada mahasiswa. Kehadiran Prof Fadel Muhammad akan menjadi tempat pencetak kader kewirausahaan di Indonesia ini,” imbuhnya.

Penunjukkan Fadel sebagai imam kewirausahaan itu bukan tanpa sebab. Menurutna, selama berkecimpung sebagai seorang pejabat, Fadel banyak menerapkan prinsip-prinsip kewirusahaan Sektor Publik dalam perbaikan pelayanan publik di pemerintahaan.

Hal itu dinilai sangat efektif untuk menciptakan generasi muda yang mandiri. Oleh sebab itu, sedari dini, mahasiswa di UB sudah diajarkan langkah-langkah berwirausaha.

“Konsepnya sudah diuji selama beliau menjabat sebagai gubernur. Diharapkan seorang imam yang mampu membawa kewirusahaan di UB karena generasi muda yang mandiri bisa dicetak melalui kewirausahaan ini,” tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved