1.000 Kendang Marakkan Waditra Djembe Festival di Kota Blitar

Kampung Kendang Sentul (KKS) akan menggelar Waditra Djembe Festival (WDF) 2018 di Kota Blitar.

1.000 Kendang Marakkan Waditra Djembe Festival di Kota Blitar
IG: kendangsentul
PERKUSI - Alat musik kendang dari Blitar. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR – Tak lama lagi, Kampung Kendang Sentul (KKS) akan menggelar Waditra Djembe Festival (WDF) 2018. Program yang akan digelar pertama kali di tahun ini diinisasi oleh muda-mudi KKS Kota Blitar.

Penggagas KKS, Sugeng, mengatakan, WDF 2018 ini akan menyuguhkan kolaborasi antar warga yang mempunyai usaha djembe di kampung tersebut. Menurutnya, djembe bukan hanya sebuah produk, tapi yang lebih penting potensi kreatif yang dilakukan secara kolektif.

“Ini menjadikan kampung ini sebagai kampung yang dapat menginspirasi dari kampung kampung lainnya di tanah air,” kata Sugeng di Blitar, Jumat (24/8/2018).

Sugeng menambahkan, selain jenis instrument Djembe, KKS juga memproduksi jenis instrumen world music yang lain, seperti Calimba, Degredo, Marakas, dll. Karena itu, tak salah jika KKS juga kerap disebut sebagai kampung yang mempunyai wahana musikal.

Apa saja sajian yang akan meramaikan festival yang akan digelar pada 26 Agustus mendatang? Menurut Sugeng, event ini akan ada moment spektakuler, yaitu memainkan rampak Djembe dengan 1.000 Djembe hasil karya tangan warga KKS.

“Jadi, tunggu apa lagi? Silakan hadir dan nikmati ruang kampung sebagai lumbung ide di tanah nusantara ini,” ajaknya.

Diketahui, setiap harinya KKS merupakan kawasan industri yang berbasis warga, yaitu dalam pembuatan instrumentasi musik, yang kerap sebut instrumentasi berbasis world music instrument.

Dituturkan Sugeng, kampung ini sudah menancapkan langkah kemandiriannya dengan profesi yang berbasis kreatif. Instrumen buatan kampung ini lebih dikenal dengan instrumen yang bernama Djembe. Sebuah jenis instrumen perkusi yang berasal dari Afrika. ADI H

Tags
Blitar
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved