Kampung Kendang Sentul Kota Blitar Gelar Wadrita Djembe Festival

Salah satu jejaring Kampung Wisata Kreatif di Kota Blitar adalah Kampung Wisata Kendang Sentul yang berlokasi di sebelah utara makam Bung Karno.

Kampung Kendang Sentul Kota Blitar Gelar Wadrita Djembe Festival
Waditra Djembe Festival di Kota Blitar, Sabtu-Minggu, 25-26 Agustus 2018. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Salah satu jejaring Kampung Wisata Kreatif di Kota Blitar adalah Kampung Wisata Kendang Sentul yang berlokasi di sebelah utara makam Bung Karno.

Masyarakat Sentul adalah masyarakat yang memiliki aktivitas memproduksi kendang sentul beragam varian, mulai dari bentuk dan model kendang. Bahkan, produksi kendang sentul sudah merambah manca negara.

Penggagas Kampung Kendang Sentul (KKS), Sugeng, mengatakan, Waditra Djembe Festival merupakan iniasi muda-mudi warga KKS.

Sugeng menjelaskan, makna kata ‘Waditra’ adalah istilah alat musik instrumen pada jaman Sansekerta.

Sementara, KKS merupakan kampung sentra pembuatan jenis kerajinan kayu sekaligus produksi alat instrumentasi.

Dikatakan Sugeng, Waditra Djembe Festival merupakan sebuah event hari raya Kampung Kendang Sentul.

“Tujuannya untuk melestarikan dan mempertahankan budaya gotong royong, semangat guyub rukun antar warga, dan sekaligus rasa syukur atas nikmat kemerdekaan,” kata Sugeng di Blitar, Jumat (24/8/2018).

Adapun rangkaian event antara lain; kerja bakti gotong royong bersih desa, perlombaan painting kendang Djembe antar perajin, lomba solo Djembe player dan grup, lomba pembacaan sholawat Diba' iyah, Blitar fashion carnival, bazaar produk unggulan, rampak 1000 Djembe yang melibatkan musisi, seniman, warga kampung dan pengunjung Waditra Djembe Festival.

Untuk lebih menyemarakkan event itu, kata Sugeng, panitia juga mengundang para stakeholders, antara lain musisi, budayawan, seniman, penggemar Djembe, mahasiswa, warga masyarakat Blitar dan sekitarnya, serta para tokoh masyarakat.

“Kami berharap, demi suksesnya kegiatan ini, kami mengajak warga masyarakat berpartisipasi aktif dengan turut menghadiri Waditra Djembe Festival,” harap Sugeng.

Diketahui, Waditra Djembe Festival akan digelar pada Sabtu-Minggu, 25-25 Agustus 2018 di Kampung Kendang Sentul tepatnya di halaman Rumah (alm) Mbah Wo (Mbah Lurah).

Bagi peserta/pengunjung festival yang berasal dari luar Kota Bltar yang berkeinginan untuk menginap disediakan juga home stay di Rumah Warga Kampung tidak jauh dari pusat kegiatan. ADI H

Tags
Blitar
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved