Malang Raya

Kuatkan Sumber Daya Manusia, Sekolah Vokasi Harus Mendapat Perhatian Lebih

Lapangan pekerjaan itu bersentuhan dengan hal teknis dasar, menengah dan jasa. Sehingga yang paling mudah beradaptasi dengan aplikasi

Kuatkan Sumber Daya Manusia, Sekolah Vokasi Harus Mendapat Perhatian Lebih
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Prof Ahmad Erani Yustika MSc PhD, staf ahli presiden bidang ekonomi saat di FEB UB Malang, Kamis (13/9/2018). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Prof Ahmad Erani Yustika MSc PhD, staf khusus presiden bidang ekonomi menyatakan untuk mengisi lapangan pekerjaan di level menengah yang punya kapasitas adalah sekolah vokasi. Sekolah vokasi ada di level SMK, diploma/politeknik.

Lapangan pekerjaan itu bersentuhan dengan hal teknis dasar, menengah dan jasa. Sehingga yang paling mudah beradaptasi dengan aplikasi adalah siswa/mahasiswa vokasi.

"Sehingga anggaran untuk penguatan SDM (sumber daya manusia) untuk sekolah vokasi akan diperbanyak," jelas Erani saat di seminar ekonomi di aula gedung pascasarjana FEB Universitas Brawijaya (UB) Malang, Kamis (13/9/2018). Namun besaran anggarannya ia kurang tahu.

Karena RAPBN 2019 baru akan digedok pada 31 Oktober 2018. Namun, lanjutnya, tidak semuanya harus dikerjakan pemerintah. Perlu peran serta dari dunia industri juga. Fasilitas yang diberikan pemerintah dan dunia industri diharapkan bisa mempercepat penguatan keterampilan siswa vokasi.

Sementara itu, perguruan tinggi juga harus melakukan perubahan agar tidak ditinggalkan mahasiswanya. Sebab saat ini sudah memasuki dunia online.

"Jika tidak siap menjejakkan kakinya di bidang teknologi informasi, maka akan tertinggal," jelas Erani.

"Zaman sekolah saya dulu, enggak mungkin bisa mengikuti kuliah dosen-dosen ekonomi kelas dunia, peraih nobel ekonomi. Sekarang sudah bisa mengikutinya lewat youtube," kata dia. Pakar-pakar akuntansi internasional bisa didengarkan kuliahnya lewat daring.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved