Pemilu 2019

Komentar Mahfud MD soal Usulan Debat Capres Cawapres Pakai Bahasa Inggris Menohok, Cuitannya Viral

Komentar Mahfud MD soal Usulan Debat Capres Cawapres Pakai Bahasa Inggris Menohok, Cuitannya Viral

Komentar Mahfud MD soal Usulan Debat Capres Cawapres Pakai Bahasa Inggris Menohok, Cuitannya Viral
kompas.com
Mahfud MD. 

SURYAMALANG.com - Kehebohan tantangan debat bahasa inggris bagi Capres dan cawapres atau calon presiden dan wakil presiden masih berlangsung sampai sekarang.

Sejumlah tokoh ikut angkat bicara namun belum ada titik temu sampai sekarang.

Sekadar diketahui, koalisi partai politik pengusung bakal capres dan cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengusulkan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar satu sesi debat capres-cawapres dengan menggunakan bahasa Inggris.

Usulan itu mencuat dari ucapan Ketua DPP PAN Yandri Susanto di Rumah Pemenangan PAN, Jalan Daksa, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

"Boleh juga kali ya. Ya, makanya hal-hal rinci seperti itu perlu didiskusikan," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto di Rumah Pemenangan PAN, Jalan Daksa, Jakarta, Kamis (13/9/2018) seperti SURYA Malang dari artikel Kompas.com berjudul: Koalisi Prabowo-Sandiaga Usul Debat Capres-Cawapres Pakai Bahasa Inggris

Alasan Yandri mengusulkan itu karena banyak pemimpin Indonesia bakal bergaul dan banyak berbicara di forum internasional yang memerlukan penggunaan bahasa Inggris.

Untuk itu, kata dia, bahasa Inggris di debat capres-cawapres menjadi tak masalah meski di UU tentang Kebahasaan pidato resmi wajib disampaikan dalam Bahasa Indonesia.

Usulan itu tentu saja memunculkan polemik panjang meski Bawaslu dan KPU sendiri sudah memberi pandangannya.

Dalam artikel Kompas.com  dengan judul "Soal Usulan Debat Bahasa Inggris, Bawaslu Minta Tim Kampanye Capres Tak Sibuk Urus Hal Bombastis", Komisioner Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Mochammad Afifuddin menyebut usulan debat capres-cawapres berbahasa Inggris dan Bahasa Arab tidak penting.

"Enggak pentinglah yang kayak begitu. Menurut saya, Sumpah Pemuda juga sudah jelas, satu bahasa, Bahasa Indonesia."

Halaman
123
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help