Surabaya

Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surabaya Buat Replikas 15 Robot dari Sampah Plastik

Masa Orientasi Mahasiswa (Mastama), Ordik dan Expo UKM (MOX) 2018 Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) berlangsung meriah.

Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surabaya Buat Replikas 15 Robot dari Sampah Plastik
habibur rohman
REPLIKA ROBOT - Karya mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Masa Orientasi Mahasiswa (Mastama), Ordik dan Expo UKM (MOX) 2018 Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) berlangsung meriah.

Kegiatan yang dikenal dengan Opspek ini memiliki berbagai rangkaian acara. Selain mengenal seluk beluk kampus, mahasiswa baru juga diajak untuk berkreasi sesuai dengan motto UMS, Kampus Sejuta Inovasi.

Salah satu yang cukup menarik dari rangkaian ospek atau MOX 2018 UMS kali ini adalah mahasiswa diajak untuk membuat kreasi robot dari sampah plastik.

2232 mahasiswa UMS dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 30 anak, mengerjakan satu robot ukuran besar atau minimal sepinggul manusia.

Tantangannya adalah, para mahasiswa harus mencari semua bahan atau sampah plastik hasil kegiatan selama ospek di lingkungan kampus.

"Kami mengumpulkan sampah sejak kemarin, dan ditambah lagi sampah botol minum usai acara Run for Peace tadi pagi. Saat cari sampah tadi kami juga temukan cat sisa, akhirnya dipakai juga untuk hias. Total untuk satu robot kelompok kami menggunakan 20 botol besar, 50 botol tanggung," terang Muhammad Ilham Aziz (18), Mahasiswa Fakultas Agama Islam Al Qhwalul Syakhsiyah, Jumat (14/9) usai merangkai robot.

Butuh waktu satu setengah jam untuk merangkai robot dari sampah plastik, yang sebelumnya sudah mereka desain sejak pertama mendapat tugas.

"Awalnya bingung mau buat apa, terus kepikiran buat robot bentuk manusia aja lengkap tangan dan kaki. Kemudian tadi kami tambah untuk aksesoriesnya menggunakan Virtual reality (VR), karena tadi kebetulan ada pemecahan rekor muri mahasiswa baru dance bersama menggunakan VR," tambah Aziz.

"Pokoknya bikin sebagus mungkin biar sampah plastik tidak seperti sampah," sergah Emelyana Maghfirah (21), Mahasiswa baru S1 Keperawatan.

Indra (21) mahasiswa baru jurusan S1 PAUD asal Kalimantan Barat mengatakan ini adalah kali pertama bagi dia membuat kreasi dari sampah plastik.

Halaman
12
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved