Malang Raya

Pembentukan Pimpinan DPRD Kota Malang Tunggu SK Gubernur Jatim

Saat ini pimpinan DPRD Kota Malang hanya menyisakan sosok Abdurrochman dari PKB sebagai wakil ketua definitif dan Plt Ketua DPRD Kota Malang.

Pembentukan Pimpinan DPRD Kota Malang Tunggu SK Gubernur Jatim
SURYAMALANG.COM/Alfi Syahri Ramadan
Calon anggota DPRD Kota Malang dari fraksi Partai Golkar, Budianto tiba di gedung DPRD Kota Malang, Senin (10/9/2018). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Aktifitas anggota DPRD Kota Malang, sudah mulai berjalan normal. Hal itu, lantaran pada awal pekan kemarin 40 anggota DPRD baru hasil PAW sudah resmi dilantik.

Bahkan dalam sepekan terakhir, DPRD Kota Malang juga sudah langsung bekerja. Salah satunya adalah menyelesaikan alat kelengkapan dewan.

Namun, setelah hampir sepekan dilantik menjadi anggota DPRD kota Malang yang baru, unsur kepimpinan dewan masih belum terbentuk.

Saat ini pimpinan DPRD Kota Malang hanya menyisakan sosok Abdurrochman dari PKB sebagai wakil ketua definitif dan Plt Ketua DPRD Kota Malang.

Untuk kelengkapan lainya saat ini masih menunggu SK dari Gubermur Jatim. Sejauh ini, sudah ada beberapa nama yang diajukan oleh partai pemegang kursi terbanyak di DPRD Kota Malang. PDI-P mengajukan nama Bambang Heri Susanto sebagai ketua DPRD Kota Malang,Partai Demokrat mengajukan nama Fransiska Rahayu Budiwiarti sebagai wakil ketua. Sementara itu, partai Golkar mengajukan nama Retno Sumarah sebagai wakil ketua.

Plt Ketua DPRD Kota Malang, Abdurrochman menyebut bahwa saat ini proses pembentukan unsur pimpinan dewan masih menunggu surat keputusan (SK) dari gubernur Jatim. Saat ini, Abdurrochman masih menunggu surat keputusan tersebut.

"Kami belum tahu kapan turunnya surat keputusan tersebut. Kami berharap SK tersebut segera turun dari gubernur Jatim," terangnya Jumat (14/9/2018).

Namun demikian, anggota DPRD Kota Malanh sudah mulai menjalankan tugasnya. Salah satunya adalah menjalankan fungsi dewan. Meskipun anggota DPRD Kota Malang masih belum bisa menggelar rapat paripurna lantaran wali kota Malang yang baru masih belum dilantik. Saat ini, Plh Wali Kota Malang dijabat oleh Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto.

Sementara itu, pada awal pekan depan seluruh DPRD Kota Malang akan menjalani bimbingan teknologi (Bimtek) lanjutan di Kemendagri, Jakarta. Seluruh anggota DPRD Kota Malang akan menjalani Bimtek selama tiga hari mulai Senin (17/9/2018) hingga Rabu (19/9/2018).

"Kemarin yang di Malang itu bisa dikatakan masih setengah mainan. Yang di Jakarta ini nanti merupakan lanjutan untuk memberikan pemahaman terkait fungsi dewan," imbuhnya.

Sementara itu, ketua Fraksi Partai Golkar, Musolli menjelaskan bahwa tidak perlu waktu lama dalam menentukan nama calon unsur pimpinan DPRD tersebut. Pihak DPC Partai Golkar dan juga fraksi yang ada di DPRD sepakat mengajukan nama Retno Sumarah karena dinilai memiliki kriteria yang sesuai.

"Yang jelas saat ini sudah dalam proses. Karena memang waktunya pendek, jadi kami hanya tinggal menunggu rekom dari DPC," pungkasnya.

Tags
Malang
Penulis: Alfi Syahri Ramadan
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help