Travelling

Destinasi Wisata di Malang Selatan yang Sering Memakan Korban, Jika Ingin Selamat Patuhi Ini

AKP Dwiko juga menyinggung soal kebiasaan pengunjung yang nekat mencari sisi fotografi yang bagus di tempat yang berbahaya

Destinasi Wisata di Malang Selatan yang Sering Memakan Korban, Jika Ingin Selamat Patuhi Ini
SURYAMALANG.COM/Mohammad Erwin
Wisatawan berpose di Pantai Ngudel, Kabupaten Malang, Minggu (16/9/2018). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Baru-baru ini terjadi insiden di Pantai Bantol, Kecamatan Donomulyo pada Minggu (16/9/2018), alih-alih bersenang ria melakukan rekreasi di Pantai Bantol, nasib nahas menimpa dua mahasiswa yang menjadi bagian rombongan 19 mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Dua korban tewas mahasiswa tersebut yakni, Nadya Firsya Ramadhani warga Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, dan Excel Genius Darmawan warga Kebonsari Kota Surabaya. Keduanya tewas setelah terseret ombak di pantai yang berlokasi tepatnya di Desa Banjarejo Kecamatan Donomulyo.

Atas kejadian tersebut, Kasat Polair Polres Malang AKP Dwiko Gunawan beri tanggapan, ia menyebut bahwa pengunjung perlu mewaspadai dan mengenali karakteristik pantai di Malang Selatan yang memiliki ombak yang cukup ganas.

Baca: Inilah Kronologi Tewasnya 2 Mahasiswa Unair yang Terseret Ombak Pantai Bantol Kabupaten Malang

Pertama, AKP Dwiko Gunawan menyebut Sungai Ungapan adalah destinasi yang perlu diwaspadai. Karena sungainya memiliki karakteristik tampak luar tenang, namun punya arus air yang ganas di dalamnya.

"Pertama yang perlu diwaspadai adalah di Sungai Ungapan yang langsung menjorok ke Pantai Ungapan, ia punya arus kelihatannya tenang namun didalamnya deras sekali, beberapa kali orang berenang terseret karena arus itu, ditambah korban waktu itu gak bisa berenang," terang AKP Dwiko Gunawan  ketika dikonfirmasi Selasa (18/9/2018).

Kedua, Dwiko menyebut pantai-pantai yang segaris pantai dengan Pantai Ngantep, seperti Pantai Ngudel, Pantai Kondang Merak, dan Pantai Bengkung yang memiliki karakteristik ombak besar termasuk juga Pantai Bantol.

"Sejatinya yang segaris pantai dengan pantai Ngantep dan pantai yang memang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia punya ombak yang besar dan itu perlu diwaspadai," sambungnya.

Agar tidak terjadi kejadian serupa, pihak Polair beserta SAR dan masyarakat setempat tak henti-hentinya memberi peringatan kepada pengunjung agar tidak mandi di bibir pantai.

"Sudah berkali-kali itu kita ingatkan, kalau pengen selamat tolong dipatuhi kan sudah ada himbauan agar tidak renang di bibir pantai, tipsnya kalau pengen selamat ya patuhi imbauan itu," ujarnya.

AKP Dwiko juga menyinggung soal kebiasaan pengunjung yang nekat mencari sisi fotografi yang bagus di tempat yang berbahaya. Ia menuturkan pengunjung harus mengedepankan keselamatan daripada hanya kepentingan eksis di dunia maya saja.

"Seperti halnya di Pantai Bengkung ada spot foto yang memang bagus tapi berbahaya, pengunjung tidak mewaspadai itu, patuhi semua peraturan itu semua demi keselamatan," pungkasnya.

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help