Malang Raya

KPU Kota Malang Hanya Terima Tujuh Pergantian Bacaleg Bermasalah

KPU Kota Malang menerima tujuh pergantian Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) tersangka jelang penentuan Daftar Calon Tetap (DCT).

KPU Kota Malang Hanya Terima Tujuh Pergantian Bacaleg Bermasalah
http://suryamalang.com
Surya Malang 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - KPU Kota Malang menerima tujuh pergantian Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) tersangka jelang penentuan Daftar Calon Tetap (DCT).

Dari tujuh pergantian bacaleg tersebut, enam diantaranya adalah wanita dan hanya satu pria. Sebab, dari sisi aturan hanya wanita yang bisa digantikan dengan bacaleg baru. Sementara untuk laki-laki hanya bisa dicoret.

Dari tujuh pergantian tersebut, empat diantaranya berasal dari PDI-P dan masing-masing satu orang dari partai Gerindra, PAN dan PPP. Sementara itu, untuk partai lainya, sampai batas waktu yang ditentukan KPU yakni pada 10 September lalu tidak mengajukan pencoretan maupun pergantian.

Komisioner Bidang Sosialisasi Organisasi dan Humas KPU Kota Malang, Ashari Husen menjelaskan bahwa untuk satu orang pengganti laki-laki tersebut bukan karena mengundurkan diri, melainkan karena meninggal dunia.

Sementara enam orang lainya merupakan perempuan dilakukan pergantian untuk bisa memenuhi kuota caleg perempuan sebesar 30 persen.

"Dari data yang kami terima, enam wanita pengganti ini menggantikan dengan prosedur pengunduran diri," ucapnya Selasa (18/9/2018).

Lebih lanjut, Ashari menambahkan bahwa sejauh ini hanya empat partai tersebut yang sudah mengajukan pergantian caleg.

Sementara parpol lainya hingga batas waktu yang sudah ditentukan KPU tidak mengajukan pencabutan berkas maupun pergantian caleg.

Sementara itu, usai ada pergantian beberapa bacaleg tersebut, KPU Kota Malang langsung melakukan proses dari daftar calon sementara (DCS) menjadi daftar calon tetap (DCT). Seperti diketahui untuk penentuan daftar calon tetap (DCT) akan dilakukan pada Kamis (20/9/2018).

"Sesuai proses tanggal 19 September kami sudah melakukan approval untuk penetapan DCT tanggal 20 September," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Alfi Syahri Ramadan
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help