Surabaya

5,4 Juta Kendaraan Bermotor di Jatim Tunggak Pajak Rp 4,2 Triliun

Dari total sekitar 18 juta kendaraan yang ada di Jatim, saat ini ada sebanyak 5,4 juta kendaraan yang nunggak pajak.

5,4 Juta Kendaraan Bermotor di Jatim Tunggak Pajak Rp 4,2 Triliun
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
ARSIP - Warga menunggu giliran dalam mengikuti pemutihan pajak kendaraan bermotor di Samsat Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin (23/10/2017). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Dari total sekitar 18 juta kendaraan  yang ada di Jatim, saat ini ada sebanyak 5,4 juta kendaraan yang nunggak pajak. Mereka belum membayar pajak hingga Juni 2018. Para penunggak ini bisa memanfaatkan program pemutihan.

Bapenda Jatim menyampaikan bahwa sebanyak 5.468.213 atau 29.10 persen pemikin kendarana yang belum daftar ulang atau belum membayar Pajak. Sebagaimana data di Bidang Pajak Bapenda, total kendaran di Jatim saat ini sebanyak 18.792.588 unit. 

"Itu baik kendaraan roda dua maupun empat. Namun mayoritas adalah pemilik roda dua. Mudah-mudahan dengan pemutihan bisa menjadikan mereka menuntaskan Pajak mereka," kata Kabid Pajak Bapenda Jatim Moh Purnomosidi. 

Dia menjelaskan bahwa tidak semua 5 juta yang belum membayar pajak itu karena tidak taat pajak. Ada yang dijual dan berganti pemilik sehingga tak terlacak. 

Ada pula yang kendaraaan itu ditarik leasing karena telat bayar cicilan. Purnomosidi menargetkan akan mendapat tambahan pendapatan Rp 4,2 triliun dari program pemutihan. Sementara dari BBN akan diperoleh pendapatan Rp 2,9 triliun.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved