Kediri

Ratusan Warga Berebut Gunungan Sayur Mayur

Ratusan warga ikut berebut gunungan berisi sayuran dan buah-buahan pada acara Grebek Suro di Desa Pule, Kecamatan Kandat.

Ratusan Warga Berebut Gunungan Sayur Mayur
didik mashudi
Warga berebut Gunungan berisi sayur mayur dan buah pada acara Grebek Suro di Desa Pule, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, Minggu (23/9/2018). 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Ratusan warga ikut berebut gunungan berisi sayuran dan buah-buahan pada acara Grebek Suro yang berlangsung di Desa Pule, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, Minggu (23/9/2018) petang.

Acara ini semakin meriah karena warga juga mengarak 100 tumpeng keliling desa. Arak-arakan tumpeng berikut gunungan sayur dan buah setinggi 3 meter ini berangkat dan finis di Jl Kutilang.

Warga desa banyak yang berpartisipasi pada kegiatan ini dengan ikut mengarak tumpeng. Juga ada yang memakai kostum Dadak Merak dan busana fashion karnaval.

Ratusan warga yang ikut berebut gunungan ini tidak hanya dari warga Desa Pule tapi juga warga dari desa sekitarnya. Mereka berbaur menunggu gunungan tiba di garis finis.

Tanpa dikomando, begitu sampai menjelang finis gunungan sayur dan buah langsung diperebutkan. Pria, wanita, dan remaja ikut berebut isi gunungan. Dalam tempo sekejap sayur dan buah sudah ludes diperebutkan warga.

Tidak ketinggalan ibu rumah tangga sambil menggendong anaknya juga ikut berebut sayuran. Daria rebutan itu mendapatkan sayur terong, kacang panjang dan buah jeruk.

Arif (38) salah satu warga menyebutkan, tradisi Grebek Suro di desanya sudah berlangsung lama. Kegiatan ini diawali dengan menggelar selamatan di Sumber Pule sehari sebelumnya.

Kemudian kegiatan mengiring 100 tumpeng dan gunungan sayuran keliling desa. "Targetnya hanya 99 tumpeng, tapi jumlahnya malah lebih dari 100 tumpeng," jelasnya.

Sesuai rencana kegiatan Grebek Suro bakal dilanjutkan dengan permainan tiban. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan memasak nasi goreng oleh warga untuk dimakan bersama.

Tags
Kediri
Penulis: Didik Mashudi
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved