Travelling

Petik Laut Sendang Biru di Malang Selatan, Bentuk Syukur Masyarakat kepada Sang Pencipta

warga sekitar Pantai Sendang Biru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang merayakan tradisi rutin tahunan bertajuk Petik Laut

Petik Laut Sendang Biru di Malang Selatan, Bentuk Syukur Masyarakat kepada Sang Pencipta
SURYAMALANG.COM/Mohammad Erwin
Petik Laut Sendang Biru 2018 di Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. 

SURYAMALANG.COM, SUMBERMANJING WETAN - Setiap tanggal 27 September, nelayan dan warga sekitar Pantai Sendang Biru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang merayakan tradisi rutin tahunan bertajuk Petik Laut.

Tepat pada hari ini Kamis (27/9/2018), masyarakat, nelayan dan aparatur pemerintah beserta petugas TNI-Polri tumpah ruah larut dalam kemeriahan Petik Laut yang digelar di bibir pelabuhan Pantai Sendang Biru tepatnya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pondok Dadap, Desa Tambakrejo.

Ombak perairan Sendang Biru nampak tenang kala itu. Angin sepoi-sepoi dan birunya perairan yang masih bersih begitu memanjakan mata. Setelah berbagai acara sambutan, barulah kapal-kapal nelayan berhamburan berlayar.

Kapal-kapal nelayan tampil beda dengan dihiasi pernak-pernik khas nelayan setempat. Meski cuaca panas melanda, tak menyurutkan semangat pengunjung beserta nelayan setempat mencurahkan wujud rasa syukur mereka kepada pencipta.

Berbagai macam arak-arakan hasil bumi, gunungan nasi tumpeng disertai ikan laut dan hasil bumi yang disebut Labuh Semboyo sontak menjadi daya tarik utama masyarakat. Masyarakat yang menggunakan perahu melebur menjadi satu dan saling berebut Labuh Semboyo.

Petik
Petik Laut Sendang Biru

Sebelum dan sesudah larung berlangsung tari-tarian terus menghibur pengunjung dan wisatawan menikmati tradisi tahunan yang dikenal sakral tersebut.

Petik Laut adalah sebuah tradisi sekaligus simbol representasi wujud rasa syukur kepada Tuhan atas pemberian hasil laut yang melimpah sehingga memberikan secercah kehidupan bagi masyarakat dan nelayan Sendangbiru.

"Petik laut merupakan tradisi tahunan semenjak TPI Pondok Dadap berdiri. Ini sudah yang ke 38 tahun. Kami memaknai tradisi ini sebagai sebuah wujud rasa syukur kami kepada yang maha kuasa atas berkahnya memberikan hasil laut yang melimpah bagi kami," terang Sudarsono ketua pelaksana Petik Laut Semdang Biru yang sekaligus menjadi tokoh masyarakat nelayan setempat.

Camat Sumbermanjing Wetan, Agus Hariyanto menambahkan, petik laut adalah sebuah semangat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Malang melalui perikanan dan pariwisata.

"Kabupaten Malang punya potensi dari segi kemaritiman baik itu perikanan maupun pariwisata, melalui semangat petik laut ini mari bersama tingkatkan itu," tutur Camat Sumbermanjing Wetan.

"Mudah-mudahan acara Petik Laut ini dapat menggugah semangat kita untuk mengurangi kemiskinan dan juga meningkatkan tali silahturahim bagi kita semuanya", lanjutnya.

Sementara itu, Dian Ayu Hapsari pengunjung asal Gadang, Kota Malang yang rela menyaksikan Petik Laut mengaku sudah menjadi agenda wajib bagi dia dan keluarga. Setelah menyaksikan petik laut, ia berlibur ke pantai di Malang selatan dan menikmati kuliner sea food yang banyak dijajakan di sekitar pantai.

"Hampir tiap tahun gak pernah absen ikut Petik Laut, meriah gitu. Ya sekaligus rekreasi bersama keluarga ke pantai pantai sekirar sini sambil makan seafood," ujar pengunjung.

Puncak acara petik laut ditutup dengan pagelaran wayang kulit disertai lantunan sinden jawa turut memberi sisi lain yang membuat tradisi petik laut semakin kental aroma budaya jawa.

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help