Blitar

Awas, Pekan Depan Kendaraan Parkir Diatas Trotoar Kota Blitar Langsung Ditilang

Polisi sudah memperingatkan pemilik toko agar pekerjanya tidak memarkir sepeda motor di atas trotoar jalan mulai pekan depan

Awas, Pekan Depan Kendaraan Parkir Diatas Trotoar Kota Blitar Langsung Ditilang
surya malang/Samsul Hadi
Sejumlah kendaraan terlihar parkir di atas trotoar di Jl Merdeka, Kota Blitar, Senin (1/10/2018). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Satlantas Polres Blitar Kota berencana menertibkan parkir liar di Jl Merdeka dan Jl Mawar Kota Blitar. Satlantas menyiapkan sanksi tilang untuk sepeda motor yang parkir di atas trotoar di jalan itu.

Dari pantauan, di Jl Merdeka, Senin (1/10/2018) masih banyak sepeda motor yang parkir di atas trotoar. Seperti yang terlihat di depan Optik Indra, Jl Merdeka. Sejumlah sepeda motor terlihat parkir di atas trotoar. Di beberapa titik lainnya, juga tampak sejumlah sepeda motor parkir di atas trotoar.

Kasat Lantas Polres Blitar Kota, AKP Bayu Halim Nugroho mengatakan, jajaran Satlantas sudah melakukan sosialisasi secara lisan ke para pemilik toko di Jl Merdeka dan Jl Mawar. Polisi memperingatkan pemilik toko agar pekerjanya tidak memarkir sepeda motor di atas trotoar mulai pekan depan.

"Rencananya, minggu ini kami mulai memberikan surat imbauan ke pemilik toko. Kami juga akan berkoordinasi dengan Dishub dan Satpol PP untuk penertiban," kata AKP Bayu.

Dikatakan AKP Bayu, Polisi baru melakukan penertiban parkir liar di Jl Merdeka dan Jl Mawar jika masih ada sepeda motor yang parkir di atas trotoar.

"Mulai minggu depan sudah tidak ada peringatan lagi. Kalau masih ada yang melanggar langsung kami tilang, karena parkir tidak pada tempatnya. Mungkin nanti dari Dishub dan Satpol PP bisa mengambil tindakan berupa pengempesan ban sepeda motor," ujarnya.

Penertiban parkir liar di atas trotoar ini untuk menciptakan keindahan di tengah kota. Selain itu, penertiban parkir di atas trotoar juga untuk memberikan hak bagi pejalan kaki. Di sisi lain, saat ini, Satlantas juga sedang menggalakkan program transportasi sehat merakyat di Kota Blitar.

Lewat program ini, Satlantas mengajak masyarakat menggunakan transportasi angkutan umum dan sepeda kayuh di Kota Blitar. "Untuk sementara, penertiban parkir liar di atas trotoar kami fokuskan di Jl Merdeka dan Jl Mawar. Lokasi kedua jalan itu di tengah kota dan padat pertokoan," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar, Priyo Suhartono menyambut baik rencana penertiban parkir liar di atas trotoar yang dilakukan Satlantas. Priyo mengakui masih banyak sepeda motor parkir di atas trotoar di Jl Merdeka.

"Kami juga sering mendapatkan aduan dari masyarakat soal banyaknya sepeda motor yang parkir di atas trotoar Jl Merdeka. Kami juga sudah melakukan penertiban, tapi kejadiannya tetap terulang. Kalau ada sanksi dari polisi akan memberikan efek jera," kata Priyo.

Dikatakannya, Dishub sudah menyiapkan tempat parkir di tepi jalan di sepanjang Jl Merdeka. Tetapi, terkadang pemilik kendaraan enggan parkir di tepi jalan. Alasannya, kondisi parkir di tepi jalan panas. Pemilik kendaraan memilih parkir di atas trotoar yang tempatnya lebih teduh.

"Kami siap membantu polisi untuk menertibkan parkir liar di atas trotoar," ujarnya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved