Bisnis

Industri Kopi Di Pasuruan Manfaatkan Gas Alam PGN Untuk Energi Pengolahan

Perusahaan Holding dari Indraco Group kembali mempercayakan energi gas bumi PGN untuk proses produksinya.

Industri Kopi Di Pasuruan Manfaatkan Gas Alam PGN Untuk Energi Pengolahan
IST
Para pimpinan management lokal PT PGN saat melakukan peninjauan terhadap sistim energi di pabrik kopi berorientasi ekspor yang menggunakan gas alam 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) terus mengembangkan jaringan pelanggannya di segmen industri. Satu perusahaan kopi dengan produk berorientasi ekspor di Pasuruan, mulai pekan ini menggunakan bahan energi gas alam dari PGN.

Industri kopi itu sebelumnya memiliki usaha kopi untuk pasar lokal di kawasan Bambe, Kabupaten Gresik. "Kemudian mengembangkan usaha atau ekspansi pasar ekspor dengan membuka pabrik di Purwosari, Pasuruan. Dan menggunakan gas alam kami untuk energi usahanya," kata Agus Mustofa Hadi, Sales Head PGN Area Pasuruan, Selasa (9/10/2018).

Di pasar domestik, industri dengan nama PT Supresso Global Indonesia (Indraco Group) yang berlokasi di Bambe, Driyorejo, Gresik, itu telah lama memasarkan kopi bubuk dengan brand Tugu Buaya, Rasa Sayang dan Uang Emas.

Sementara yang produk ekspor, dari informasi yang dikumpulkan, menggunakan brand Supresso. Dengan peningkatan produksi sesuai standar mutu pangan ISO 22000, untuk memenuhi pasar ekspor ke negara tujuan.

Di pengembangan plant baru itu, perusahaan Holding dari Indraco Group ini kembali mempercayakan energi baik gas bumi PGN untuk proses produksinya, dengan kontrak awal sebesar 10.000 hingga maksimum 50.000 m3.

Di masa mendatang, Plant Purwosari akan memperluas areanya dengan tambahan beberapa alat produksi.
PT Supresso Global Indonesia berlangganan gas bumi PGN dengan skema Sharing Investasi.

Agus menjelaskan, Sharing Investasi adalah salah satu pilihan bagi calon pelanggan, apabila proses menjadi pelanggan secara normal yaitu investasi penuh oleh PGN, tidak dapat terpenuhi karena Volume gas yang dibutuhkan calon pelanggan belum besar pada awalnya atau investasi PGN belum memenuhi kelayakan.

"Dalam Sharing investasi ini, PGN menyediakan material pipa, valve, fitting dan MRS, sedangkan Supresso membiayai kontruksi pemasangannya," jelas Agus.

Ditegaskan oleh Agus Mustofa, sistem Sharing Investasi ini membuka kesempatan bagi calon pelanggan untuk berlangganan, tanpa khawatir dengan Volume minimum yang harus dipenuhi pelanggan.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved