Probolinggo

Ada Laporan Penyimpangan, Satgas Dana Desa Kementerian Turun Ke Probolinggo Lakukan Monev

Monitoring dilakukan atas adanya laporan dugaan penyimpangan RAB, dalam pengerjaan proyek saluran irigasi.

Ada Laporan Penyimpangan, Satgas Dana Desa Kementerian Turun Ke Probolinggo Lakukan Monev
surya malang/Galih Lintartika
Tim Satuan Tugas (Satgas) Dana Desa, Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melakukan monitoring dan evaluasi (monev) di Probolinggo, atas laporan masyarakat. 

SURYAMALANG.COM, PROBOLINGGO - Tim Satuan Tugas (Satgas) Dana Desa Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melakukan monitoring dan evaluasi (monev) di Probolinggo selama dua hari, Kamis dan Jumat, 11-12 Oktober 2018.

Kedatangan tim tersebut untuk monitoring dan mengevaluasi pengelolaan Dana Desa di Desa Sambirampak Kecamatan Kotaanyar dan Desa Renteng Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo.

Tim Satgas DD yang hadir dalam monitoring itu diantaranya, M Ma’roef Irfhany selaku ketua Satgas DD, Budi Harsoyo anggota Satgas DD, dan Mika Yudistia anggota Satgas DD.

Ada beberapa poin yang dimonitoring oleh Tim Satgas Dana Desa, yakni RAB (Rencana Anggaran Biaya), pengerjaan proyek saluran irigasi di desa setempat, dan lainnya.

Ketua Tim Satgas Dana Desa, M Ma'roef Irfhany mengatakan, monitoring dilakukan atas adanya laporan dugaan penyimpangan RAB, dalam pengerjaan proyek saluran irigasi.

Laporan ini didapatkan, dari pengaduan masyarakat yang dintindaklanjuti oleh tim satgas dari Kementrian.

Ma'roef menyebut, dalam monitoring sendiri, pihaknya juga menghadirkan pelapor, aparat desa, serta pihak inspektorat pemerintah daerah.

"Metode yang kami gunakan ini, untuk memastikan ada tidaknya penyimpangan dalam pengerjaan proyek. Makanya kami lakukan monev dengan mengukur panjang, tinggi, dan lebar kedalaman saluran irigasi," katanya.

Ia menjelaskan, pemeriksaan pertama dilakukan di Desa Sambirampak Kecamatan Kotaanyar. Ada pemeriksaan di lima titik berbeda, di setiap titik RAB pengerjaan proyek saluran irigasi diperiksa. Nah yang mengukur adalah pihak inspektorat langsung dan disaksikan banyak orang.

Dijelaskan Ma'roef, dari monitoring itu diketahui jika dua titik pengerjaan proyek saluran irigasi Desa Sambirampak, secara keseluruhan sudah sesuai RAB, atau tidak diketemukan penyimpangan.

Namun demikian, Tim Satgas DD menyerahkan hasil monitoring itu kepada inspektorat Pemda setempat, dan direkomendasikan melakukan uji kualitas, konstruksi bahan bangunan saluran irigasi.

"Untuk Desa Renteng Kecamatan Gading hasilnya masih menunggu, karena memang masih dalam pemeriksaan dan monev," tambah dia.

Petugas inspektorat Kabupaten Probolinggo, Lita Mahanani mengaku akan menindaklanjuti, apa yang direkomendasikan Tim Satgas DD.

"Pastinya kita dari pihak inspektorat, akan menindaklanjuti apa yang direkomendasikan Tim Satgas DD pak,"ujar Lita. 

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help