Malang Raya

Askrindo-PNM Tingkatkan Kemampuan Petani Kopi Bangelan, Kabupaten Malang

PT Asuransi Kredit Indonesia, dan PT Permodalan Nasional Madani mengadakan peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani kopi

Askrindo-PNM Tingkatkan Kemampuan Petani Kopi Bangelan, Kabupaten Malang
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Foto bersama sebelum memulai kegiatan bersama petani kopi Bangelan, Kabupaten Malang di Hotel Ijen Suites, Jumat (12/10/2018). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mengadakan peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani kopi Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang di Hotel Ijen Suite selama dua hari (12-13 Oktober 2018).

Mereka adalah 30 petani kopi yang mendapat pembiayaan dari Askrindo dan pengurus koperasi ‘Bulan Purnama’ yang menjadi tempat petani sebagai anggota.

Total pembiayaan yang sudah disalurkan sebanyak Rp 1 miliar dengan pinjaman antara Rp 10 juta sampai Rp 50 juta.

“Semoga nanti dari kegiatan ini bisa diterapkan di desa kalau sudah kembali lagi,” jelas Anang Fatkur Rochman, Pemimpin PNM Cabang Malang di acara itu, Jumat (12/10/2018).

Dia menjelaskan pendanaan buat petani kopi Bangelan itu berasal Askrindo lewat program kemitraan bersinergi dengan PNM.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Wilayah IV PT Askrindo, Riyanto Martono menyatakan dengan penambahan capasity building petani kopi, maka diharapkan bisa memaksimalkan pengembalian dana pinjaman dengan lancar.

“Manfaatkan pertemuan ini untuk sharing. Misalkan jika ada kendala-kendala di lapangan,” kata Riyanto.

Karena itu dihadirkan Ir Qitfirul Aziz dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia sebagai pemateri ‘Budidaya Kopi Robusta Berkelanjutan’.

“Saya lebih senang di forum ini sebagai ajang diskusi dan berbagi pengalaman. Saya yakin petani kopi Bangelan sudah paham budi daya kopi,” kata Qitfirul.

Sebab sejak zaman Belanda, Desa Bangelan sudah ditanami kopi.

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved