Situbondo

Periksa Izin Pertambangan, Tim Gabungan Sidak Lokasi Galian Tambang Di Situbondo

Sidak tambang tim gabungan itu, tidak lain untuk memastikan ada dan tidaknya izin dari para pengusaha tambang.

Periksa Izin Pertambangan, Tim Gabungan Sidak Lokasi Galian Tambang Di Situbondo
surya malang/Izi Hartono
Tim gabungan saat mendatangi lokasi tambang di Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo. 

SURYAMALANG.COM, SITUBONDO - Tim gabungan Kepolisian Resort Situbondo bersama, TNI dan Sat Pol PP serta Dinas Perdagangan melakukan inspeksi mendadak ( Sidak) ke sejumlah lokasi tambang di wilayah Kabupaten Situbondo, Jumat (12/10/2018).

Sidak tambang tim gabungan itu, tidak lain untuk memastikan ada dan tidaknya izin dari para pengusaha tambang.

Dengan menggunakan mobil dan truk,  rombongan tim gabungan berangkat dari Mapolres Situbondo menuju lokasi tambang yang ada di jalan tembus Desa Sumberkolak Kecamatan Panarukan dan dilanjutkan ke lokasi tambang di Desa Kotakan Kecamatan Situbondo.

Aktiivitas tambang sempat berhenti saat tim Gabungan datang ke lokasi, bahkan alat berat dibiarkan mangkrak di lokasi tambang. Sementara, beberapa dum truk yang akan mengakut tambang menunggu di pintu masuk ke lokasi tambang.

Kapolres Situbondo, AKBP Awan Hariono mengatakan, sidak kali ini dengan sasaran galian C, karena ada yang memikili izin dan tidak berizin dibeberapa tempat yang beroperasi.

Tentunya, kata AKBP Awan Hariono, Polres Situbondo akan tetap memberikan edukasi dan pembelajaran kepada seluruh masyarakat Kabupaten Situbondo untuk tertib dan patuh terhadap hukum.

"Kita sudah melakukan upaya kepolisian, mulai upaya preentif dan preventif," kata AKBP Awan Hariono.

Dengan tindakan preentif dan preventif ditingkatkan, ungkap Awan Hariono, pihaknya akan melakukan langkah teguran keras kepada pelaku tambang yang tidak memiliki izin lengkap.

"Bukan kami membiarkan, akan tetapi kami melakukan tahapan tindakan kepolisian yang ada unsur edukasi. Kalau kita melakukan tindakan kepolisian dengan tegas sesuai proses hukum kurang mengena kepada yang lain," jelasnya.

Sidak ini, kata kapolres, masih sama dengan yang kemarin agar para pelaku tambang yang tidak memiliki izin untuk tidak melakukan aktivitas tambang.

"Kalau tidak stop, maka kita akan lakukan tindakan kepolisian dengan tegas," pungkasnya. 

Penulis: Izi Hartono
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help