Bisnis

Jokowi Tegaskan Pembatalan Kenaikan Harga BBM Premium, Bukan Menunda

Presiden Jokowi menegaskan, keputusannya adalah membatalkan kenaikan harga premium, bukan menunda.

Jokowi Tegaskan Pembatalan Kenaikan Harga BBM Premium, Bukan Menunda
net
Seorang petugas sedang melakukan pengisian BBm di salah satu SPBU 

SURYAMALANG.COM, BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium tidak akan naik dalam waktu dekat. Jokowi menegaskan, keputusannya adalah membatalkan kenaikan harga premium, bukan menunda.

"Enggak-enggak, sudah saya batalkan (rencana kenaikan harga premium)," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, Sabtu (13/10/2018).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan sebelumnya menyebut, sesuai arahan Presiden, premium akan naik pada Rabu (10/10/2018), paling cepat pukul 18.00 WIB.

Hal tersebut disampaikan Jonan kepada pers Rabu sore. Namun, tak sampai 1 jam, pernyataan Jonan itu langsung dikoreksi oleh anak buahnya.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi mengatakan, harga premium batal naik berdasarkan arahan Presiden Jokowi.

Jokowi mengakui, semula memang pemerintah berencana menaikkan harga BBM, termasuk premium, karena kenaikan harga minyak dunia.

Namun, setelah dihitung kembali, keuntungan Pertamina jika harga premium dinaikkan tidak signifikan. Di sisi lain, dampak dari kenaikan harga premium itu justru bisa membuat daya beli masyarakat menurun.

"Sudah saya putuskan premium batal. Sudah," ujar Jokowi.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help