Sportarema

Ratusan Rider Uji Adrenalin Libas Trek Berdebu di Indonesia SuperMoto Championship 2018

Ratusan Rider Uji Adrenalin Libas Trek Berdebu dan Kelokan Aspal di Indonesia SuperMoto Championship 2018

Ratusan Rider Uji Adrenalin Libas Trek Berdebu di Indonesia SuperMoto Championship 2018
SURYAMALANG.COM/Mohammad Erwin
Para rider ikut serta jadi yang tercepat dalam Indonesia SuperMoto Championship 2018 yang digelar di halaman Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Minggu (14/10/2018) 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Terik panas matahari siang itu tak menyurutkan nyali para rider dari berbagai daerah di Indonesia yang berjumlah 139 rider, ikut serta jadi yang tercepat dalam Indonesia SuperMoto Championship 2018.

Kejuaraan tersebut digelar di halaman Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Minggu (14/10/2018).

Kejuaraan ini mempertandingkan empat kelas motor jenis Motocross yakni, kelas 450 cc 250 cc 175 cc dan 150cc. Digelarnya Indonesia SuperMoto Championship 2018 adalah sebagai ajang untuk mewadai bakat para komunitas SuperMoto di Indonesia.

"SuperMoto ini beda dengan balap yang lain, kami memfasilitasi komunitas. Jadi tak hanya melulu kopdar (Kopi Darat, touring, kumpul. Bagi mereka yang ingin adu cepat uji ketangkasan di sirkuit ini wadahnya," terang Endiatmo Widagdo ketika ditemui SURYAMALANG.COM di sela-sela jalannya balapan SuperMoto.

Endiatmo menyebut balap SuperMoto tak hanya soal kecepatan, ketangkasan melibas jalanan berkelok dan bergelombang jadi poin kesulitan tersendiri dari balap motor ini.

"Jadi ini tak hanya soal kecepatan, tapi gimana caranya bisa naklukin jalan ngepot-ngepotan (berkelok-kelok) dan bergelombang," ulasnya.

Seketika, halaman stadion disulap menjadi sirkuit tersebut jadi arena duel yang menantang bagi para pembalap.

Halaman Stadion Kanjuruhan dipilih karena merupakan satu-satunya venue yang layak dan ideal untuk SuperMoto karena memiliki area trek aspal dan tanah yang berada di satu area.

"Dari semua venue, di Malang Raya hanya di Kanjuruhan ini yang ideal dan punya karakter area trek aspal dan tanah di satu wilayah," ujarnya.

Bendera balapan telah dikibarkan, para rider saling salip jadi nomer satu. Setelah melibas jalanan aspal dengan kelokan cukup tajam, ujian para rider untuk jadi juara tak berhenti sampai di situ.

Pembalap diharuskan melibas jalanan bergelombang nan berdebu. Panas bersenandung dengan lebatnya debu jadi tantangan yang harus diterjang para rider menuju garis finish.

"Kami atur sedemikian tingkat kesulitannya biar makin seru, trek berdebu dan bergelombang jadi tantangannya," urainya.

Endiatmo menuturkan antusiasme para rider dari berbagai daerah seperti Surabaya, Jogjakarta, Malang dan berbagai daerah lainnya cukup tinggi. Diharapkan dengan digelarnya event kejuaran nasional SuperMoto ini, selain menjadi wadah para komunitas, juga dapat melahirkan para pembalap handal di bidang SuperMoto.

"Antusiasme positif, tentunya kita ingin ini selain jadi wadah para komunitas, juga dapat melahirkan pembalap handal di bidang SuperMoto," tandas Endiatmo.

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved