Kota Batu

Rayakan Hari Jadi ke-17, Kota Batu Berlimpah Event dan Lomba

Ketua Panitia HUT ke-17 Pemkot Batu, Andhang Budhy Harsa mengatakan setiap rangkaian peringatan HUT Kota Batu bisa diikuti oleh semua masyarakat.

Rayakan Hari Jadi ke-17, Kota Batu Berlimpah Event dan Lomba
sany eka putri
Pemotongan tumpeng di DPRD Batu saat rapat paripurna peringatan Hari Jadi Kota Batu, Selasa (16/10). 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Tepat pada tanggal 17 Oktober Kota Batu merayakan hari jadi yang ke 17 tahun.

Untuk memeriahkannya, Pemkot Batu menggelar kegiatan, dengan total kegiatan ada 34 acara. Tentunya setiap acara yang diadakan oleh Pemkot Batu ini bisa diikuti oleh siapa saja, khususnya warga Kota Batu.

Beberapa acara di antaranya ada KWB Motor Cross, Konser 117 Musisi Kota Batu, Expo Ternak, Street Food, Fun Run 5K hingga Batu Night Race, pasar murah dan paneran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Award, Kompetisi Film Pendek, dan masih banyak lagi.

Ketua Panitia HUT ke-17 Pemkot Batu, Andhang Budhy Harsa mengatakan setiap rangkaian peringatan HUT Kota Batu bisa diikuti oleh semua masyarakat. Dari agenda tersebut, ada beberapa yang sudah diadakan, seperti Pameran Besar Seni Rupa (PBSR), bantuan gizi bagi lansia, penertiban akta massal, dan lomba lingkungan sehat. 

Setiap gelarannya mengajak semua elemen masyarakat dari tingkat desa/kelurahan. Kegiatan ini sudah dimulai sejak 1 Oktober hingga akhir Oktober.

"Ada juga yang sudah dilakukan seperti penerbitan akta masal secara kolektif, diskon hotel dan restoran, lomba lingkungan sehat hingga pembagian alat kesehatan berupa kursi roda. Namun untuk puncaknya tanggal 17 Oktober malam akan dilaksanakan pentas seni dan kesenian tradisonal seperti taru sanduk," kata Andhang, Selasa (16/10).

Tidak hanya itu, juga ada fetival nasi empok dalam rangka memecahkan rekor nasi empok terbanyak sejumlah 1700 tumpeng di Balai Among Tani Kota Batu yang melibatkan pelajar dan Pemerintah Desa/Kelurahan.

Tidak mau kalah, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Batu juga menggelar bazar murah dan pameran UMKM. Kegiatan yang diadakan Selasa (23/10) hingga Jumat (26/10) itu bertujuan untuk meningkatkan kelas produk UMKM binaan Diskoperindag Kota Batu.

Plt Kepala Diskoperindag Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan bahwa pasar murah dan UMKM Award merupakan cara baginya untuk mengevalusi pengembangan UMKM yang telah dibina pihaknya. Terutama usaha mikro dan usaha kecil.

"Melalui ajang ini, kami ingin setiap tahunnya ada pelaku usaha yang kami bimbing dan beri ketrampilan bisa kelas. Seperti pelaku usaha mikro yang modalnya di bawah Rp 50 juta yang naik kelas diatasnya menjadi usaha kecil dengan modal diatas Rp 50 juta dan dibawah Rp 500 juta," ujar Arief.

Halaman
12
Tags
Kota Batu
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved