Malang Raya

BKBPM Kota Malang Berharap Sinergi dari Setiap OPD Demi Sukseskan Kampung KB

Beberapa kelurahan yang akan masuk dalam program adalah Kota Lama, Tlogowaru, Dinoyo, Bunulrejo, Bareng dan Tanjungrejo

BKBPM Kota Malang Berharap Sinergi dari Setiap OPD Demi Sukseskan Kampung KB
IST
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Kota Malang kembali akan mengembangkan kampung Keluarga Berencana (KB). Sebelumnya kota Malang sudah pernah menjalankan program tersebut di kawasan kelurahan Kota Lama. Kini program yang sama akan dilakukan dibeberapa kelurahan lain.

Hal itu sesuai dengan keinginan dari Wali Kota Malang, Sutiaji beberapa waktu lalu. Setidaknya ada 8 kelurahan termasuk kelurahan Kota Lama yang dibina menjadi kampung KB.

Beberapa kelurahan yang akan masuk dalam program tersebut antara lain Kota Lama, Tlogowaru, Dinoyo, Bunulrejo, Bareng dan Tanjungrejo.

Ketua Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) Kota Malang, Penny Indriani menjelaskan bahwa untuk bisa mensukseskan program tersebut perlu adanya sinergi antar OPD. Sebab, program-program yang akan dijalankan di kampung KB memang tidak hanya berasal dari satu OPD saja.

"Hampir semua dinas seperti Dinkes, Dispendukcapil, Dinas PU, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, PKK dan Dinas Pertanian akan ikut ambil bagian pada program ini. Semuanya akan memberikan pemahaman kepada masyarakat sesuai dengan bidangnya masing-masing," katanya Jumat (19/10/2018).

Lebih lanjut, ada beberapa target yang ingin dicapai dengan adanya pembinaan kampung KB ini. Beberapa diantaranya adalah kesehatan keluarga, penurunan angka buta huruf, serta kematian ibu hamil juga menjadi target yang harus dikurangi.

"Nantinya secara bertahap target tersebut akan kami lihat. Termasuk juga akan ada evaluasi secara bertahap selama enam bulan sekali," pungkasnya.

Penulis: Alfi Syahri Ramadan
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved