Pilpres

Capres Prabowo Subianto Akan Pimpin Apel Santri Di Jombang, Sebelum Pawai Resolusi Jihad

Untuk menggunggah resolusi jihad, Capres Prabowo akan napak tilas dari Ponpes Tebu Ireng sampai Tugu Pahlawan Surabaya

Capres Prabowo Subianto Akan Pimpin Apel Santri Di Jombang, Sebelum Pawai Resolusi Jihad
surya malang/Bobby Constantine Koloway
Capres Prabowo Subianto saat di Jawa Timur beberapa waktu lalu. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dijadwalkan akan memimpin apel Akbar di Jombang, Senin (22/10/2018) mendatang. Apel tersebut rencananya juga akan menjadi awal dari Pawai Akbar Napak Tilas memperingati hari Santri yang bertemakan resolusi jihad tersebut.

Berdasarkan penjelasan Ketua Harian Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Jatim pasangan Prabowo - Sandi, Anwar Sadad, di dalam apel itu Prabowo akan membawa semangat resolusi jihad. Yang mana, semangat ini merupakan awal dari pencanangan Hari Santri.

Untuk diketahui, "Resolusi Jihad” yang ditandatangani oleh Rais Akbar Nahdlatul Ulama (NU), Hadratus Syeikh KH Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945 memang berisi tentang seruan pada kaum muslimin. Isinya, untuk bersatu padu dengan kekuatan bangsa yang lain guna mempertahankan negara Republik Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan golongan.

Momentum yang sama inilah yang kemudian dijadikan sebagai peringatan Hari Santri di tiap tanggal 22 Oktober. "Dalam rangka menyambut hari santri. Hari santri itu kan membawa semangat resolusi jihad," kata Sadad kepada SURYAMALANG.COM (Tribunnews Network), Jumat (19/10/2018).

"Dari resolusi itu kemudian membawa dorongan yang luar biasa untuk mempertahankan negara Indonesia dari rongrongan sekutu pada saat itu. Akhirnya, berbuah manis untuk kemenangan rakyat Indonesia," kata Sadad menambahkan.

Oleh karenanya, untuk kembali mengingat semangat itu BPP Prabowo-Sandi di Jatim kemudian menyelenggarakan napak tilas bertemakan Resolusi Jihad. "Untuk menggunggah resolusi jihad, Pak Prabowo akan napak tilas dari Tebu Ireng sampai Tugu Pahlawan," kata Sadad yang juga Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim ini.

Terkait titik awal yang kemungkinan berada di Tebuireng, Jombang, Prabowo akan memulai dengan melaksanakan apel. Apel yang rencananya berlangsung di halaman parkir Makam Presiden keempat RI, KH Abdurrahman Wahid (Gusdur) ini, rencananya akan diikuti oleh santri hingga kiai dari sejumlah pesantren di kawasan ini.

"Karena hari santri, maka peserta apel dari santri," kata Ketua Tim Media Badan Pemenangan Pemilu (BPP) Jatim Prabowo-Sandi, Hadi Dediansyah kepada jurnalis, Jumat (19/10/2018) secara terpisah.

Namun, di dalam apel tersebut kemungkinan besar Prabowo maupun Sandiaga Uno tak memberikan orasi politik. "Kami fokus ke acara napak tilas," pungkas Hadi.

Selain didampingi Cawapres, Sandiaga Uno, di dalam pawai tersebut Prabowo juga akan diikuti oleh pengurus parpol dari empat partai pengusung dan satu partai pendukung. Di antaranya Gerindra, Demokrat, PKS, PAN, hingga Partai Berkarya.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved