Malang Raya

456 Kucing Catatkan Rekor MURI Pemeriksaan Kesehatan Di Universitas Brawijaya Malang

Pemeriksaan kucing gratis itu terdaftar langsung ke Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pemeriksaan kesehatan Kucing terbanyak

456 Kucing Catatkan Rekor MURI Pemeriksaan Kesehatan Di Universitas Brawijaya Malang
suryamalang.com/Alfi Syahri Ramadan
Para petugas tengah melakukan pemeriksaan kesehatan kucing di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya, Sabtu (20/10/2018). Kegiatan ini tercatat dalam rekor MURI sebagai pemeriksaan kesehatan kucing terbanyak. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya Kota Malang menggelar pemeriksaan kesehatan untuk kucing secara masal, Sabtu (20/10/2018). Kegiatan tersebut dipusatkan di depan Universitas Brawijaya kampus II Kalisongo Dau.

Pemeriksaan kucing gratis itu terdaftar langsung ke Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) sebagai pemeriksaan kesehatan kucing dengan jumlah terbanyak.

Tercatat total sekitar 456 ekor kucing mengikuti pemeriksaan gratis tersebut. Selain itu, 36 dokter hewan juga turut bergabung untuk melakukan pemeriksaan terhadap kucing tersebut. Jumlah tersebut sejauh ini tercatat sebagai pemeriksaan kucing terbanyak yang pernah dicatat rekor MURI.

Ketua Pelaksana Pemeriksaan Kesehatan Kucing, drh Achmad Fauzi menjelaskan, kegiatan pemecahan rekor MURI ini merupakan bagian dari agenda Dies Natalis Universitas Brawijaya ke 56. Ia menjelaskan, agenda tersebut merupakan kali pertama di Indonesia.

"Kami juga bekerja sama dengan beberapa pihak seperti asosiasi dokter hewan Malang Raya serta asosiasi pecinta kucing Malang Raya. Seluruh pemeriksaan di sini tidak dikenakan biaya kecuali untuk vaksinasi kucing," terangnya.

Lebih lanjut, Achmad Fauzi menambahkan, ada beberapa hal yang diperiksa dari kesehatan kucing tersebut. Beberapa hal yang diperiksa adalah terkait pemeriksaan fisik, pemberian multivitamin dan obat cacing. Seluruh pemeriksaan tersebut diberikan secara cuma-cuma untuk para peserta yang terdaftar.

"Kalau semisal kucing yang diperiksa perlu diberikan perawatan lebih, kami juga menyediakan perawatan khusus emergency," tambahnya.

Sementara itu, Manajer Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI), Ariyani Siregar menjelaskan, pemeriksaan kucing secara masal di Universitas Brawijaya tersebut sudah tercatat sebagai rekor MURI. Pasalnya, kegiatan serupa belum pernah dilakukan di Indonesia. Sehingga total 456 kucing sudah tercatat sebagai rekor terbanyak pemeriksaan kucing secara massal.

"Sebelumnya yang pernah tercatat adalah kontes kucing di Bandung dengan total sebanyak 260 ekor pada tahun 2013. Kalau untuk pemeriksaan kesehatan masih baru kali ini," ucapnya.

Di sisi lain, Ariyani menambahkan, untuk rekor pemeriksaan kesehatan kucing massal ini tercatat sebagai rekor ke 8692 yang pernah dicatat oleh MURI secara keseluruhan. Ia mengapresiasi kegiatan tersebut lantaran juga memberi bantuan kepada para pecinta kucing untuk mendapatkan pemeriksaan secara gratis bagi kucing mereka.

"Kami sudah beberapa kali datang ke Universitas Brawijaya untuk acara-acara lain. Tetapi untuk acara kali ini berbeda dari biasanya dan ini menjadi rekor baru," tukasnya.

Acara itu juga mendapat respon positif dari para peserta. Salah satunya adalah, Talita salah satu peserta asal Jawa Barat yang turut ikut dalam memeriksakan kucing miliknya. Ia menyebut, kegiatan tersebut sangat membantu dan sangat bagus bagi para pecinta kucing seperti dirinya.

"Sangat membantu sekali untuk melihat kesehatan hewan peliharaan. Apalagi kali ini juga tercatat sebagai rekor MURI pemeriksaan kucing terbanyak," tuturnya.

Penulis: Alfi Syahri Ramadan
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved