Kota Batu

Petani Kota Batu Kembangkan Varietas Baru Bunga Mawar Asal Belanda

MAWAR BELANDA - Untuk sekali panen ia bisa mengirim 8-10 ribu tangkai mawar. Untuk satu tangkai dihargai Rp 750-1500.

Petani Kota Batu Kembangkan Varietas Baru Bunga Mawar Asal Belanda
sany eka putri
Nur Aziz, 48, petani bunga mawar asal Dusun Pager Gunung, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu merupakan salah satu petani asal Batu yang berhasil menemukan mawar varietas baru asal Belanda. 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Nur Aziz (48), petani bunga mawar asal Dusun Pager Gunung, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu merupakan salah satu petani asal Batu yang berhasil menemukan mawar varietas baru asal Belanda.

Mawar itu diberi nama Etie oleh Wali Kota Batu.

Bunga mawar varietas baru yang berwarna pink fanta itu merupakan nama singkatan mantan Wali Kota Batu dua periode, Eddy Rumpoko, yang juga suami Wali Kota Batu saat ini, Dewanti Rumpoko.

Nur Aziz mengungkapkan bunga mawar berwana pink fanta itu telah ditemukan sejak empat tahun lalu. Mawar itu sudah ia temukan dan kembangkan sejak 2014 lalu.

Penemuan variestas baru ini bermula saat ditemukan salah satu batang mawar Holland berwarna merah yang mengalami kelainan gen. Dari batang salah satu dari bunga mawar yang mekar itu mengeluarkan warna pink fanta.

"Dari situlah kemudian saya mengambil tunas dari batang yang mengeluarkan warna pink fanta untuk kemudian dikembangkan," kata Aziz, Senin (22/10/2018).

Selama empat tahun mengembangkan, sampai saat ini ada sekitar 5000 batang mawar Etie yang dibudidayakannya dan dipasarkannya hingga berbagai daerah.

Saat ini ia sedang menunggu sertifikat hak paten atau hak atas kekayaan intelektual dari mawar yang ia temukan.

Kini dengan lahan milikinya seluas 1,5 hektar, dalam seminggu ia bisa panen hingga tiga kali.

Untuk sekali panen ia bisa mengirim 8-10 ribu tangkai mawar. Untuk satu tangkai dihargai Rp 750-1500. 

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved