Kesehatan

Jika Cedera, Perlu Dipijat atau Tidak? Simak Penjelasan Dokter Berikut Ini

Pemijatan tidak disarankan karena bisa semakin memperparah dan justru memicu pendarahan dalam.

Jika Cedera, Perlu Dipijat atau Tidak? Simak Penjelasan Dokter Berikut Ini
alfi syahri ramadana
Salah satu pemateri Dr. dr. Edy Mumtamsir, SpOT saat menjelaskan terkait cedera ACL dan bagaimana cara penangananya dalam dialog terbuka di klinik OSW, Rumah Sakit Persada Kota Malang, Rabu (24/10/2018). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Klinik Orthopedic Sport Wellness (OSW) di Rumas Sakit Persada, Kota Malang memiliki cara sendiri untuk bisa memperingati Hari Dokter Nasional yang jatuh tepat pada 24 Oktober 2018.

Untuk memperingati hari dokter nasional tersebut, klinik OSW menggelar kegiatan diskusi terbuka bersama media yang ada di kota Malang dengan topik bahasan "Bahaya kelumpuhan bagi para penderita cedera ACL".

Dalam kesempatan tersebut dihadirkan beberapa narasumber yang berkaitan dengan penaganan cedera ACL seperti Dr. dr. Edy Mumtamsir, SpOT, dr Khrisna Yuarno P, SpOT dan fisiotherapis dari klinik OSW, Asep Srihastuti.

Seperti diketahui cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) merupakan salah satu cedera yang memerlukan waktu lama untuk pemulihan. Perlu penanganan tepat untuk bisa menyembuhkan cedera tersebut.

Apalagi saat ini sebagian masyarakat masih belum tahu terkait seperti apa cedera ACL dan bagaimana cara penangananya.

Pada kesempatan tersebut dokter ortopedi klinik OSW, Dr. dr. Edy Mumtamsir, SpOT menjelaskan bahwa cedera ACL biasanya terjadi lantaran ada permasalahan pada lutut. Cedera ACL bisa dipicu karena kecelakaan ataupun gerakan ekstrem yang bisa menyebabkan lutut mengalami masalah.

Hal ini biasanya banyak dialami oleh para atlet yang biasanya salah melakukan tumpuan dalam bertanding ataupun berlatih.

Ia menjelaskan ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk menangani cedera ACL ini. Tahapan pertama adalah diagnosa lalu dilanjutkan dengan pengompresan menggunakan air es serta istirahat untuk memberikan relaksasi pada otot.

"Penanganan cedera itu harus terstruktur dengan baik. Sebab, jika tidak sesuai dengan tahapan maka bisa semakin memperparah kondisi cedera yang dialami," katanya Rabu (24/10/2018).

Lebih lanjut, dr Edi menambahkan bahwa para penderita cedera ACL biasanya memang mengalami trauma. Sehingga untuk proses pemulihan memang harus benar-benar terstruktur dengan baik. Agar selain juga penderita bisa sembuh total juga bisa mengembalikan kepercayaan diri bagi penderita cedera tersebut.

Halaman
12
Tags
Malang
Penulis: Alfi Syahri Ramadan
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved